Home Aneka Hobi Tips Memandikan Kucing Parsi Tanpa Pengering Rambut

Tips Memandikan Kucing Parsi Tanpa Pengering Rambut

by Beverley Kennedy

Memandikan kucing mungkin jadi posisi teratas dalam daftar kegiatan pemilik kucing. Kucing biasanya tidak menyukai kegiatan ini dan mereka biasanya menunjukkan ketidaksukaannya dengan cukup jelas. Memandikan kucing Parsi bahkan lebih sulit, karena Anda juga harus mengeringkan bulu panjangnya. Walaupun demikian, Anda tidak perlu menggunakan pengering rambut.

Peralatan yang Anda perlukan

  • Sisir logam bergigi lebar
  • Baskom besar
  • Teko plastik
  • Sampo dan kondisioner khusus untuk kucing
  • Handuk

Langkah 1

Nyalakan pemanas ruangan jika cuaca dingin.

Langkah 2

Sisir bulu kucing Parsi Anda dengan hati-hati agar bulunya tidak semakin kusut. Bulu kusut jauh lebih sulit dirapikan dalam keadaan basah.

Langkah 3

Kumpulkan semua peralatan yang Anda butuhkan di tempat Anda akan memandikannya. Bila Anda berlarian ke sana ke mari mencari handuk di saat kucing yang basah dan marah cemberut pada Anda tidak akan menjadikan pengalaman mandinya menyenangkan.

Langkah 4

Tambahkan air hangat secukupnya ke dalam baskom atau bak mandi. Air dingin akan membuat kucing Anda terkejut, sedangkan air panas akan membuatnya melepuh.

Langkah 5

Bawa kucing Parsi Anda ke ruang mandi dan tutup pintu. Masukkan dia ke dalam baskom/bak mandi, kemudian mengobrollah dengannya secara normal selama memandikannya.

Langkah 6

Di dalam baskom/bak mandi, pegang kucing Anda dengan hati-hati bila perlu. Basahi bulunya dengan bantuan teko plastik dan hindari daerah kepala.

Langkah 7

Gosokkan sampo secukupnya sampai muncul busa dan bilas secepat mungkin dengan bantuan teko. Anda mungkin perlu mengisi ulang airnya setidaknya satu kali.

Langkah 8

Ulangi langkah 7 dengan conditioner, yang biasanya diperlukan untuk kucing berbulu panjang. Gunakan sedikit saja sehingga Anda dapat membilasnya dengan cepat agar kucing Parsi Anda tidak terlalu stres.

Baca Juga : Cara Merawat Kucing Si Primadona dari Persia

Langkah 9

See also  Aturan Baru dalam Pertandingan FIFA 2017

Selimuti kucing Anda dengan handuk untuk mengeringkan bulunya yang masih sangat basah.

Langkah 10

Seka bulunya beberapa kali dengan handuk lain, untuk mengeringkan bulunya semaksimal mungkin.

Langkah 11

Sisir bulunya sekali lagi agar tidak ada kusut baru.

Langkah 12

Simpan kucing Anda di ruang yang hangat sampai bulunya benar-benar kering.

Kucing, bahkan ras Parsi, hanya perlu dimandikan jika bulunya telah tertutup sesuatu yang kotor, lengket, atau beracun. Jika kucing Anda sangat benci dimandikan, tidak masalah. Jika ada yang kotor di bulunya, bersihkan kucing Anda dengan kain basah, bilas kain tersebut, dan ulangi seperlunya. Jika Anda ingin memandikannya karena bulunya telah berminyak, gunakan sampo kering, yang tidak memerlukan air sama sekali.

Anda sebaiknya memilih waktu mandi dengan hati-hati. Pilihlah waktu saat kucing Anda tenang, dan ajaklah ia bermain dahulu. Ini akan membuatnya lelah sehingga proses memandikannya akan lebih mudah.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More