Home Aneka Hobi Tips Melakukan Olahraga Sepatu Roda Bagi Pemula

Tips Melakukan Olahraga Sepatu Roda Bagi Pemula

by Beverley Kennedy

Siapa yang tak kenal dengan jenis olahraga yang satu ini? Olahraga yang banyak dilakukan oleh masyarakat perkotaan dengan menggunakan tracking tertentu ini, memungkinkan para pelakunya dapat meluncur layaknya menaiki sebuah sepeda. Olahraga yang tergolong dalam kategori atletik ini, hanya mengharuskan para pelakunya melakukan gerakan meluncur dengan kaki yang telah terpasang dengan peralatan khusus beroda. Ya, olahraga sepatu roda merupakan salah satu olahraga favorit masyarakat perkotaan yang pada umumnya banyak digemari oleh anak-anak dan para remaja. Dengan peralatan luncur beroda, para pelakunya bahkan mampu menyusuri jalanan kota tanpa merasakan kelelahan yang berarti.

Untuk menggunakan alat luncur beroda yang satu ini, para penggunanya, haruslah memasangkan pada kedua sisi telapak kaki dengan bagian pengait tertentu yang biasanya sampai pada bagian betis kaki. Untuk dapat melakukan peluncuran dengan menggunakan alat olahraga yang satu ini, para pemainnya hanya perlu mengayunkan kaki, yang nantinya akan diimbangi dengan ayunan tangan, sebagai penyeimbang posisi tubuh para pemain olahraga tersebut. Untuk dapat melakukan peluncuran secara sempurna, memang dibutuhkan latihan yang ekstra dan teratur, sehingga semua bagian tubuh akan terbiasa dengan gerakan luncuran yang dibuat dengan menggunakan alat luncur beroda tersebut.

Bagi Anda ataupun buah hati Anda yang tergolong dalam kategori pemain pemula, berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan olahraga sepatu roda tersebut, yang antara lain adalah:

Baca Juga: Pilihan dalam Memilih Sepatu Roda untuk Anda

  • Gunakanlah peralatan dan perlengkapan keamanan ketika hendak melakukan olahraga luncur tersebut, mulai dari helm, pakaian hingga dekker pelindung lutut kaki dan tangan juga harus Anda persiapkan.
  • Kontrollah kondisi dari alat beroda yang akan Anda gunakan, pastikan bahwa setiap panel yang ada dalam peralatan tersebut berfungsi dengan optimal, baik dari segi roda maupun rem yang ada pada alat tersebut.
  • Pilihlah tracking khusus yang rata, jika Anda tidak memainkannya pada tempat yang memang khusus diperuntukkan untuk melakukan olahraga luncur tersebut.

Selain hal tersebut diatas, menguasai teknik dasar dalam permainan olahraga luncur tersebut, merupakan hal wajib lainnya yang harus Anda perhatikan sebelum pada akhirnya Anda memutuskan untuk melakukan olahraga tersebut. Teknik dasar ini penting untuk Anda kuasai, sehingga nantinya gerakan yang Anda lakukan dalam berolahraga tidak salah dan tidak akan menyebabkan timbulnya efek yang tidak menyenangkan bagi Anda.

Selain teknik pemilihan sepatu roda yang tepat, juga akan dapat mempengaruhi gerakan tubuh Anda saat memulai permainan olahraga yang satu ini. Pemilihan alat yang sesuai dengan ukuran kaki, akan lebih disarankan bagi Anda, dengan sistem penguncian sepatu yang kuat dan aman. Sepatu beroda yang dipilih dengan ukuran yang terlalu besar ataupun sempit, akan dapat menyebabkan gerakan tidak leluasa, bahkan dapat membahayakan para pemakainya.

 

See also  Macam-Macam Gerakan Bayi Dalam Kandungan

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More