Home Tips Tips Cerdas Mengelola Kelas Saat Kegiatan Belajar Mengajar

Tips Cerdas Mengelola Kelas Saat Kegiatan Belajar Mengajar

by Beverley Kennedy
Tips Cerdas Mengelola Kelas Saat Kegiatan Belajar Mengajar

Kegiatan belajar mengajar sering kita temui di lingkungan sekolah maupun informal. Saat kegiatan ini terjadi, interaksi antara pengajar dan murid menjadi penentu berhasil tidaknya materi yang disampaikan. Bagi pengajar pastinya ada kepuasan tersendiri jika murid bisa memahami semua materi atau pengetahuan yang diajarkan. Namun tak sedikit dalam prakteknya murid tidak mau memperhatikan materi yang diajarkan dan malah membuat keributan di tengah-tengah suasana belajar. Hal ini tentu ada yang harus dibenahi, mengingat pengajar sudah semangat menyampaikan materi, namun materi tidak berhasil masuk dalam pemahaman murid.

Tips Cerdas Mengelola Kelas Saat Kegiatan Belajar Mengajar 

Anda harus melakukan beberapa cara dalam pengelolaan kelas agar anak konsentrasi belajar dan materi bisa diterima dengan baik. Untuk mewujudkannya, Anda bisa menerapkan tips-tips berikut ini:

  • Perhatikan penataan kelas.

Pastikan murid bisa melihat dengan leluasa ke arah dimana guru mengajar. Terutama untuk anak-anak yang duduk di belakang yang sering mengalami kendala ini. Anda bisa sesekali mengajar di tengah ruangan dan berdiri. Perubahan formasi tempat duduk juga perlu dirubah sewaktu-waktu agar tidak terjadi kebosanan. Ruangan kelas yang dibuat senyaman mungkin juga perlu diperhatikan agar murid bisa berkonsentrasi selama pembelajaran. Untuk meningkatkan semangat belajar, dekorasi ruang kelas yang indah dan sarat edukasi juga bisa ditambahkan.

  • Mengatasi jika ada keributan di kelas.

Adakalanya saat kegiatan belajar mengajar kita menemukan anak yang susah diatur dan sering membuat keributan. Anda bisa memberikan teguran dalam batas yang wajar dan bisa dimengerti oleh murid agar tergerak untuk mengikuti pembelajaran lagi.

  • Menetapkan konsekuensi.

Saat awal pembelajaran, buatkan kesepakatan bersama dengan murid. Jika ada yang melanggar aturan kesepakatan tersebut, berikan konsekuensi tanpa pilih kasih. Sehingga akan muncul kesadaran murid untuk menaati peraturan dan tidak berbuat ulah selama pelajaran.

  • Pastikan murid selalu fokus.

Kita tentu pernah mendapati murid yang mengantuk atau bosan selama pelajaran. Agar murid kembali fokus belajar, Anda bisa melakukan cara-cara tertentu, seperti menyuruh untuk cuci muka terlebih dahulu, memberikan pertanyaan, menyelingi dengan kegiatan ringan, dsb.

  • Selingi dengan humor saat mengajar.

Suasana belajar yang cenderung serius membuat beberapa murid cepat bosan dan kurang bersemangat. Untuk itu selingi di sela-sela pembelajaran dengan humor ringan untuk mencairkan suasana. Bisa dengan bercerita, menyisipi kata-kata humor saat menyampaikan materi, dsb.

  • Tidak menyia-nyiakan waktu sekecil apapun.

Waktu sedikit apapun bisa Anda manfaatkan agar murid mendapatkan materi pelajaran. Seperti jika ada sisa waktu 5-10 menit saat pelajaran, bisa Anda pergunakan untuk sekedar tanya jawab, mengulas materi kembali, dsb.

  • Lakukan dengan semangat dari awal sampai akhir.

Saat kegiatan belajar mengajar, Anda harus menunjukkan semangat dari awal pembelajaran hingga akhir. Tak peduli jika saat ini Anda dalam keadaan yang sedang lelah atau bad mood sekalipun. Sehingga murid didik Anda juga ikut tertular dan bersemangat menyerap ilmu yang diajarkan.

READ  Jenis-jenis Ikan Cupang di Indonesia

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More