Home Tips Tips Bercocok Tanam di Pekarangan Rumah yang Sempit  

Tips Bercocok Tanam di Pekarangan Rumah yang Sempit  

by Beverley Kennedy
Tips Bercocok Tanam di Pekarangan Rumah yang Sempit  

Pastinya banyak diantara Anda yang memiliki sisa lahan kosong yang ada di pekarangan rumah, beberapa orang mungkin akan dengan cuek membiarkannya kosong, namun untuk beberapa kalangan yang kreatif atau mencintai lingkungan, maka sering kali memanfaatkannya sebagai media dalam bercocok tanam. Entah itu dengan menanam bunga disana ataupun juga dengan menanami sayur-mayur yang nantinya juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan, jika berhasil tak jarang yang mendapatkan keuntungan lebih dengan cara menjualnya.

 Tips Bercocok Tanam di Pekarangan Rumah yang Sempit  

Dengan menanam tumbuhan di lahan yang kosong tersebut paling tidak juga memberikan manfaat lain yaitu sebagai media penghijauan, membuat rumah Anda tidak lagi gersang, setiap harus suplay udara bersih bisa tetap didapatkan meskipun Anda tinggal di kota besar, karena ada tumbuhan yang menyediakan oksigen secara langsung. Berikut ini cara cerdas dalam bercocok tanam dengan memanfaatkan pekarangan rumah yang tidak begitu luas ukurannya, yaitu:

 

  1. Coba kebun vertikal, ini adalah model terbaru menanam sayuran dengan menggunakan media seperti polybag gantung atau sejenisnya, dimana cara bercocok tanaman yang semacam ini tidak lagi ditempatkan di media tanah, melainkan dengan menggantungnya di beberapa bagian rumah yang sudah dibuat susunan sebelumnya, cahaya matahari bisa didapatkan secara cukup, begitu juga dengan tampilannya yang lebih unik.
  2. Sistem hydroponik, beberapa orang sekarang ini beralih dari sistem berkebun biasa, menggunakan cara hidroponik, yaitu dengan memanfaatkan air sebagai media dasar tumbuhan untuk hidup, tentunya lebih bersih dengan hasil yang bagus, namun memang tidak semua jenis sayuran bisa ditanam menggunakan metode yang satu ini.
  3. Menanam tanaman di dinding rumah, jangan salah karena beberapa jenis tumbuhan rambat ternyata bisa dengan mudah ditanam di sepanjang dinding rumah, hanya saja karena memang resiko untuk terjangkit penyakit seperti ulat atau bahkan dijadikan sebagai tempat hidup beberapa jenis serangga tertentu semakin tinggi, maka patut untuk rajin dalam menyemprotkan obat-obatan khusus dan membersihkannya, sehingga tetap aman.
  4. Media tanam dengan digantung di pagar, ini juga termasuk teknik yang banyak dipakai oleh masyarakat, khususnya mereka yang tinggal di kawasan pegunungan, karena suhu yang rendah, biasanya untuk menanam buah seperti strawberry yang pada dasarnya memiliki karakteristik sebagai tumbuhan rambat dan membutuhkan cahaya matahari yang cukup juga begitu mudah. Pagar rumah jadi alternatif untuk menggantungkan polybag disana.

Baca Juga : Tips Dan Cara Berkebun Cabai

Tertarik untuk mencoba bercocok tanam dengan cara tersebut? Sangat cocok bagi yang memiliki pekarangan sempit, hasil yang didapatkan juga terbilang sangat bagus, paling tidak berguna untuk membuat rumah Anda tampak lebih hijau dan segar dibandingkan dengan membiarkannya gersang. Selain itu bonus tambahan jika berhasil maka sayuran atau buah dapat dinikmati keluarga.

 

See also  Tips Yang Bisa Kalian Gunakan Ketika Membeli Alat Musik Gitar

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More