Home Aneka Hobi Tidak Perlu ke Surabaya, Yuk Bikin Makanan Almond Crispy Sendiri!

Tidak Perlu ke Surabaya, Yuk Bikin Makanan Almond Crispy Sendiri!

by Beverley Kennedy

Makanan dari kacang almond saat ini tengah menjadi tren oleh – oleh khas dari daerah Jawa Timur, khususnya di Surabaya. Kamu akan mudah menemui toko oleh – oleh di Jawa Timur yang menjual makanan almond ini. Kerenyahan serta kelezatan dari almond crispy ini menjadikan makanan ini banyak disukai oleh banyak kalangan. Tidak hanya nikmat, almond juga memiliki kandungan yang bergizi loh. Sebelum membahas mengenai cara pembuatan almond crispy, ada baiknya kita mengetahui apa saja kandungan yang ada di kacang almond.

Kacang almond yang biasa kita konsumsi sebenarnya merupakan biji dari buah almond loh. Buah almond sendiri merupakan buah yang dihasilkan oleh pohon almond atau dalam bahasa ilmiah disebut dengan Prunus dulcis. Kacang almond mengandung banyak nutrisi, seperti memiliki lemak tak jenuh, serat pangan, beberapa jenis vitamin B, dan juga vitamin E. Tidak hanya itu, kacang almond juga mengandung kalsium, magnesium, zat besi, dan zinc yang bermanfaat bagi tubuh kita. Dalam seperempat cangkir kacang almond bernilai 207 kalori.  Almond merupakan salah satu makanan diet yang digemari karena mengenyangkan dan juga kaya nutrisi. Banyak orang yang memilih makanan almond untuk mengurangi porsi karbohidrat yang dikonsumsi.

Kamu bisa baca di sini untuk mengetahui manfaat kacang almond bagi ibu hamil.

Nah, banyak sekali ya manfaat dari almond. Banyak cara olahan almond yang bisa dicoba, salah satunya adalah almond crispy. Berikut ini merupakan langkah dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat almond crispy. Caranya mudah untuk dibuat di rumah loh!

Resep Almond Crispy

Bahan – bahan yang dibutuhkan:

  • 55 gram – tepung terigu protein rendah
  • 35 gram – tepung maizena
  • 100 gram – putih telur
  • ¼ sendok the – vanilla bubuk
  • 50 gram – mentega
  • 100 gram – gula halus
  • 50 gram – potongan almond sebagai topping
READ  6 Manfaat Bersepeda yang Bisa Didapatkan untuk Jangka Panjang

Langkah Pembuatan Almond Crispy

  1. Langkah pertama, campurkan mentega serta gula dengan menggunakan mixer hingga rata. Aduk hingga warna berubah menjadi pucat.
  2. Setelah itu, masukkan putih telur serta vanilla bubuk. Mixer kembali hingga semua bahan tercampur.
  3. Tambahkan tepung terigu berprotein rendah dan maizena. Aduk hingga rata dan lembut.
  4. Siapkan loyang yang sudah dialasi dengan baking mat atau silpat.
  5. Kemudian, ambil ½ sdt adonan. Bentuk adonan menjadi bulat tipis dengan cara ditekan – tekan menggunakan punggung sendok. Lakukan hal tersebut hingga adonan habis.
  6. Setelah itu, beri taburan potongan almond.
  7. Panggang di oven dengan waktu perkiraan 10 – 15 menit.
  8. Setelah selesai di oven, angkat dan dinginkan. Saat sudah dingin, segera masukkan ke dalam wadah yang sudah disediakan.
  9. Almond Crispy siap dinikmati.

Resep di atas di atas dapat menghasilkan 2 toples almond crispy. Perkiraan waktu dalam membuat almond crispy adalah 60 menit. Makanan sehat dari kacang almond ini siap untuk dihidangkan.

Tips tambahan:

  • Menggunakan silipat atau baking paper dimaksudkan agar adonan mulus serta tidak menempel di dasar loyang.
  • Kamu harus memperhatikan suhu oven masing-masing. Hal tersebut dikarenakan adonan tidak perlu terlalu lama di oven.
  • Jika kamu ingin memberikan variasi rasa pada adonan, kamu bisa menambahkan perasa coklat, vanilla atau green tea. Selain menambahkan variasi rasa, pemberian perasa tersebut juga dapat mempercantik tampilan karena menghasilkan adonan yang berwarna – warni.

Nah itu tadi merupakan cara pembuatan almond crispy yang bisa kamu ikuti. Mudah bukan? Kamu tidak perlu lagi menunggu oleh – oleh teman dari Jawa Timur, karena bisa membuatnya sendiri. Semoga artikel ini dapat membantu!

READ  Melatih Kemampuan Berpikir Anak Dengan Mainan Lego

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More