Home Aneka Hobi Teknik Dasar Bermain Gitar Bagi yang Baru Belajar

Teknik Dasar Bermain Gitar Bagi yang Baru Belajar

by Beverley Kennedy

Memainkan alat musik menjadi salah satu kegemaran untuk menghabiskan waktu senggang, tak hanya itu, dengan sering mendengarkan alunan nada yang indah juga membuat pikiran Anda menjadi lebih tenang terbebas dari stress. Itulah mengapa sangat disarankan bagi anak muda yang terlalu banyak pekerjaan atau menghabiskan waktu untuk belajar, sekali-kali bisa refreshing dengan bermain musik atau sebatas mendengarkan lagu. Sehingga pikiran tidak mudah tertekan hingga menyebabkan resiko stress kian tinggi. Ada banyak jenis alat musik yang bisa dijadikan sebagai pilihan, mulai dari bermain gitar, piano, biola hingga drum.

Dibandingkan dengan jenis alat musik yang lainnya, tak bisa dipungkiri bahwa sebagian besar diantara masyarakat memang lebih tertarik memainkan gitar. Selain karena alat musik ini murah, maka gitar bisa digunakan untuk mengiringi berbagai jenis musik, mulai dari musik klasik, pop dan masih banyak lagi. Kemampuan dalam berlatih gitar bisa dilatih sedini mungkin dan kian dikembangkan, khususnya bagi Anda yang ingin menjadi seorang musisi, hingga masuk ke industri hiburan.

Berikut ini ada cara atau langkah dalam bermain gitar bagi yang masih pemula:

  1. Gunakan buku atau video sebagai media tutorial Anda dalam belajar, salah satu langkah utama dalam belajar adalah dengan mengenal kunci-kunci dasar dalam berlatih gitar, ketika Anda sudah menghafalkan kuncinya maka akan jadi sangat mudah mencoba berbagai jenis lagu. Untuk bisa menghafalkan bisa dengan menggunakan buku atau panduan langsung dalam bentuk video, jika memang tak ada instruktur secara langsung.
  2. Ketahui bagian-bagian yang ada pada gitar tersebut dan juga fungsinya, penting bagi pemain pemula untuk mengenal bagian-bagian yang ada pada sebuah gitar, juga bagaimana cara menggunakannya. Ketika sudah hafal aka kian mudah untuk bereksperimen dengan berbagai jenis lagu.
  3. Latihan rutin, tak bisa dipungkiri bahwa keahlian dalam bermain alat musik ini tidak datang dengan sendirinya, melainkan haru dilakukan secara rutin, bahkan mereka yang sudah handal, namun lama tak pernah bermain lagi maka kemampuan dalam bermain juga akan semakin menurun. Untuk itu sediakan waktu sebentar saja namun rutin untuk belajar.
  4. Mencoba dengan lagu secara langsung, untuk mengetes sejauh mana keahlian Anda, maka bisa dengan menggunakan lagu langsung. Pada saat pertama kali mencoba mungkin nadanya agak lambat dari yang sebenarnya, namun ketika sudah terbiasa maka irama yang dihasilkan akan seimbang.

Cuma dengan 4 hal tersebut, jika dilakukan secara rutin, maka akan meningkatkan kemampuan bermain gitar. Berlaku untuk jenis gitar akustik maupun elektrik. Karena pada dasarnya kedua gitar tersebut sama cara memainkannya, hanya mungkin nada yang dihasilkan agak sedikit berbeda.

 

 

 

READ  Info Harga Sepeda Gunung Terbaru

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More