Home parenting Tanda-Tanda Awal Kehamilan yang Harus Anda Ketahui

Tanda-Tanda Awal Kehamilan yang Harus Anda Ketahui

by Beverley Kennedy

Kehamilan merupakan saat-saat yang paling dinantikan bagi setiap wanita yang ingin memiliki seorang buah hati di tengah-tengah keluarganya. Kehamilan ini bisa menjadi pertanda bahwa sebuah keluarga akan segera menjadi keluarga yang sempurna, yang terdiri dari istri, suami, dan anak. Untuk mengetahui munculnya si calon bayi dalam kandungan, Anda perlu mengenal tanda-tandanya, selain Anda juga bisa mengetahuinya dengan cara memakai tespek (test pack). Untuk mengetahui cara yang tepat menggunakan test pack, Anda bisa klik di sini.

Ada bermacam-macam tanda-tanda awal kehamilan. Namun, dari semua tanda yang muncul, tanda-tanda tersebut bisa berupa tanda-tanda kehamilan yang bersifat tidak pasti, ada pula tanda-tanda kehamilan yang lebih memungkinkan untuk menunjukkan bahwa seseorang sedang hamil.

Tanda-tanda kehamilan yang umum atau tidak pasti, antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Terjadinya perubahan payudara (lebih besar, lebih sensitif, lebih lunak, daerah sekitar puting yang gelap, dan pembuluh vena yang lebih terlihat).
  2. Munculnya bercak darah atau flek yang diikuti kram di perut.
  3. Mual dan muntah di pagi hari (morning sickness).
  4. Sering buang air kecil.
  5. Sering merasa pusing dan sakit kepala.
  6. Sering merasa kelelahan dan mengantuk.
  7. Terkena sembelit.
  8. Sering meludah.
  9. Kenaikan suhu basal (suhu ketika bangun tidur).
  10. Terlambat menstruasi.
  11. Mengidam

Itulah tanda-tanda umum yang dapat memungkinkan bahwa Anda sedang mengandung. Selain itu, ada pula tanda-tanda lain yang lebih memungkinkan bahwa Anda sedang mengandung.

Tanda Hegar

Agar dapat mengetahui tanda ini, letakkan dua jari Anda pada bagian forniks posterior dan tangan lainnya berada pada bagian dinding perut di atas simpisis pubis. Melalui pemeriksaan ini akan terasa bahwa pada korpus uteri seakan terpisah dengan bagian serviks. Pada masa kehamilan minggu ke-6 hingga minggu ke-8, pemeriksaan bimanua dapat diketahui dengan pemeriksaan hegar ini secara perlahan.

READ  Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi Agar Tidak Terjadi Lagi

Tanda Piskacek

Tanda selanjutnya adalah pembesaran yang terjadi pada uterus. Pembesaran ini umumnya tidak merata sehingga terlihat menonjol pada uterus yang semakin membesar.

Tanda Chadwick

Tanda ini menandakan bahwa terjadi perubahan warna yang terjadi pada bagian selaput lendir vulba dan bagian organ kewanitaan. Perubahan warna itu biasanya menjadi lebih keunguan atau lebih gelap.

Tanda Braxton Hicks

Tanda ini berkaitan erat dengan masa kehamilan muda, yaitu saat usia kehamilan memasuki masa kira-kira minggu ke-20. Pada minggu ini, volume air ketuban dalam rahim akan lebih banyak yang dapat dirasakan dengan menggoyangkan bagian uterus yang ditekan sehingga akan terlihat janin akan melenting dalam uterus. Kondisi ini sering disebut sebagai ballottement.

Tanda Goodells

Untuk mengetahuinya, tanda ini akan dapat dirasakan dengan melakukan pemeriksaan. Pemeriksaan tersebut akan menunjukkan bahwa serviks akan terasa lunak.

Suhu Basal

Setelah terjadinya ovulasi, kondisi tubuh akan mengalami kenaikan suhu basal sekitar 37,2 sampai 37,8 derajat. Kenaikan suhu ini bisa menunjukkan bahwa seorang wanita sedang hamil.

Hasil Positif Tes Kehamilan

Salah satu pemeriksaan yang sederhana dan praktis dilakukan setiap orang adalah dengan menggunakan test pack atau alat tes kehamilan. Alat tes kehamilan ini dapat Anda temukan di apotik-apotik terdekat.

Itulah beberapa tanda yang lebih memungkinkan bahwa Anda sedang hamil. Jika dilihat dari cara-caranya, tanda-tanda tersebut tidak bisa diketahui oleh semua orang dan perlu bantuan dari dokter, bidan, atau perawat. Oleh sebab itulah, agar hasilnya akurat, lebih baik Anda langsung memeriksanya ke dokter kandungan sehingga kehamilan dapat diketahui sedini mungkin.

Sumber Gambar

dedaunan.com

gendies.com

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More