Home Tips Tanaman Bonsai, Si Kecil dan Unik dan Menarik

Tanaman Bonsai, Si Kecil dan Unik dan Menarik

by Beverley Kennedy
Tanaman Bonsai, Si Kecil dan Unik dan Menarik

Rumah yang cantik dan nyaman tidak harus mewah, tetapi rumah sederhana pun bisa menjadi sangat cantik. Salah satu cara mempercantik hunian Anda adalah dengan cara menghiasi rumah dengan tanaman. Terdapat berbagai macam tanaman yang dapat dipilih untuk sudut ruangan rumah Anda, salah satunya yaitu tanaman bonsai. Bonsai sendiri merupakan sebuah teknik untuk membuat sebuah tanaman menjadi lebih unik dan menarik.

Tanaman Bonsai, Si Kecil dan Unik dan Menarik

Tanaman bonsai termasuk dalam kategori tanaman yang cukup mahal, sehingga jika Anda bisa belajar hingga mampu membuatnya sendiri maka akan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Berikut ini beberapa informasi hingga cara bagi para pemula yang ingin berbisnis bonsai.

Cara Membuat Bonsai

Sebelum Anda akan mempercantik rumah atau memulai bisnis tanaman bonsai buatan sendiri, maka perlu mengetahui langkah-langkah berikut diantaranya:

  • Memilih Bibit

Pemilihan bibit bonsai bisa secara langsung dengan memilih tanaman yang ingin dibonsai. Pilih tanaman yang memiliki batang sehingga akan mudah untuk disemai.

  • Semai Bibit Bonsai

Setelah menemukan bibit tanaman bonsai, langkah selanjutnya yaitu melakukan penyemaian mulai dari melilitkan awat, dipotong, dan dikreasikan sesuai keinginan. Proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama.

  • Media tanam

Pada umumnya, bonsai ditanam pada pot kecil sehingga asupan nutrisi juga terbatas sehingga Anda perlu memilih media tanam yang dapat memaksimalkan nutrisi yang dibutuhkan tanaman seperti pasir, tanah, pupuk organik, dan humus,

  • Teknik Menanam Bonsai

Teknik yang dapat digunakan untuk tanaman bonsai ada 3 yaitu pencangkokan, penyetekan dan pembuatan okulasi. Saat pembuatan bibit dapat dilakukan dengan cara cangkok dan setek dengan memakan waktu selama 1-2 bulan. Sedangkan pada pembuatan okulasi membutuhkan waktu hingga 1 tahun.

  • Cara Menanam Bonsai

Dimulai dari pemilihan batang induk, dipindahkan ke pot, dililit kawat hingga pemilihan tanah. Periksa secara rutin pertumbuhan dan perkembangan tanaman Anda.

  • Teknik Pembentukan Bonsai

Tahap pertama dimulai dari membentuk kerangka bibit bonsai dan tahap kedua yakni membentuk dan mengatur arah pertumbuhan tanaman dengan bantuan kawat.

  • Perawatan Tanaman

Perawatan bonsai dilakukan dengan rutin menyiram tanaman dan tanah dengan alat sprayer halus, menggunakan air bersih, dan letakkan di tempat yang teduh.

  • Penyempurnaan Tanaman

Proses penyempurnaan tanaman bonsai dilakukan dengan cara memetik titik tumbuh atau pemangkasan bakal bonsai yang dianggap kurang seimbang dan menarik.

Jenis Tanaman yang Dapat Dijadikan Bonsai

See also  Tips Mengoleksi Hot Wheels Bagi Pemula

Membuat tanaman bonsai juga harus memperhatikan kriteria yang ada karena tidak semua tanaman bisa dijadikan bonsai. Berikut ini karakteristik tanaman yang dapat dijadikan bonsai diantaranya:

  1. Tanaman kuat
  2. Tanaman dikotil
  3. Bentuk indah alami
  4. Tahan Gangguan
  5. Memiliki umur panjang

Cukup mudah bukan?

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More