Home Aneka Hobi Tanaman Bonsai Adalah Hobi Yang Menyenangkan

Tanaman Bonsai Adalah Hobi Yang Menyenangkan

by Beverley Kennedy
Tanaman Bonsai Adalah Hobi Yang Menyenangkan

Indah, lucu dan artistik. Itulah 3 kata yang tepat untuk menggambarkan atau mewakili tanaman bonsai. Sebenarnya itu bukan jenis tanaman, karena jenis tanamannya bisa apa saja yang memungkinkan untuk dibentuk. Ini adalah seni untuk membentuk tanaman. Di tanah air sendiri banyak penggemarnya. Terkumpul dalam banyak komunitas maupun penggemar perorangan. Bisa dikatakan bahwa tanaman bonsai adalah hobi yang menyenangkan, meskipun bukan untuk semua orang.

Tanaman Bonsai Adalah Hobi Yang Menyenangkan

Tanaman bonsai sendiri sebenarnya bukan asli dari tanah air. Tanaman bonsai berasal dari Jepang. Bonsai adalah seni untuk membentuk tanaman menjadi ukuran mini atau jauh lebih kerdil dari ukuran sebenarnya. Tanaman kerdil tersebut dibentuk dengan berbagai bentuk yang indah sesuai dengan keinginan dan selera masing – masing dari pembentuknya.

 

Keindahan tanaman bonsai dilihat dari bentuk dahan, daun, batang dan akarnya. Jika mampu membentuknya dengan baik akan menjadi tanaman dengan cita rasa tinggi. Hal ini karena memang ada tidak sembarangan dalam membentuknya. Jika asal kerdil tentu saja hasilnya tidak indah. Atau minimal tidak maksimal keindahannya. Jadi memang pinter – pinternya dalam berimajinasi dalam membentuknya. Selain dari faktor tanamannya, ada faktor lain yang memperngaruhi keindahannya. Pot yang merupakan media tanaman ini ditanam menjadi faktor penentu lainnya. Kombinasi tanaman dan pot harus sesuai atau ngeblend, sehingga menjadi satu kesatuan yang indah yang saling melengkapi.

Hobi tanaman bonsai memang menyenangkan. Tapi memang tidak semua orang menyukai proses pembentukannya. Ini jenis hobi yang membutuhkan kesabaran dan ketelatenan yang luar biasa. Anda bayangkan untuk 1 tanaman bonsai membutuhkan waktu yang tidak sebentar, bisa berbulan – bulan bahkan tahunan. Dari mulai proses awal penanaman, pembentukan dan maintenance itulah anda diuji kesabaran dan ketelatenan. Proses rutin yang  harus dijalani mencakup pemotongan dengan berbagai teknik, pemangkasan tanaman, pembentukan cabang dan dahan dengan lilitan kawat serta  penyebaran akar.

Tahukah anda bagaimana cara tanaman ini dikerdilkan? Ya, mungkin bagi pelaku hobi ini mengatahui jawabannya. Tanaman ini dikerdilkan dengan cara pemotongan akar dan rantingnya.  Dan untuk membentuknya yaitu dengan dibentuk dengan bantukan lilitan kawat. Bagi penghobinya, proses inilah yang menyenangkan. Disini selain tahu ilmunya, dibutuhkan juga imajinasi yang kuat dengan melihat bahan dasar dari tanaman tersebut kemudian harus dibentuk seperti apa. Dan ketika akhirnya tanaman tersebut berhasil dibentuk sesuai harapan, ada kepuasan tersendiri yang sebanding dengan prosesnya.

Baca juga tips dan trik nya memilih tanaman hias untuk rumah anda. Simak selengkapnya di cumahobi.com

See also  Perkembangan Balita Usia 4-5 Tahun

Bonsai yang sudah jadi ternyata tidak hanya indah dilihat tapi mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. Apalagi jiga berhasil menjuarai berbagai kompetisi bonsai yang diselenggarakan, maka harganya semakin tinggi. Jadi memang, hobi ini bisa menjadi salah satu sumber penghasilan buat anda yang menekuninya. Nah, menyenangkan bukan.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More