Home Tips Simak Cara Bermain Drum Bagi Pemula yang Harus Anda Ketahui

Simak Cara Bermain Drum Bagi Pemula yang Harus Anda Ketahui

by Beverley Kennedy

Melihat para pemain band di atas panggung yang begitu megah dengan mengalun musik tentu membuat semua penonton selalu ikut dalam aliran musiknya. Jika vokalis, gitaris, bassist hingga pianis sangat terlihat di atas panggung, umumnya drummer cenderung diposisikan di belakang. Meski begitu, pesona drummer memang tidak pernah bisa terkalahkan lantaran cara bermain drum yang mempesona sehingga menjadikan alunan musik kian menggema.

Kini banyak sekali orang yang tertarik untuk bisa belajar bagaimana menabuh drum karena memang alat musik yang dipukul ini sangat menarik. Drum sendiri bisa terbentuk menjadi drum kit karena beberapa alat musik mulai dari snare, hit hat, floor bass hingga tom dan kadang ditambah drum listrik. Ada juga 3 buah cymbal piringan. Bagi para pemula, tentu bermain drum ini tidaklah mudah karena memang butuh waktu lama dalam latihannya. Namun berikut ini ada cara memainkan drum yang bisa Anda coba ikuti:

  • Posisi duduk

Pertama adalah posisi duduk yang harus tegak. Dengan duduk secara tegak, maka nantinya tenaga yang bisa keluar akan lebih besar. Jangan sampai Anda membungkuk karena akan membuat tangan tidak terlalu kuat dalam menabuh. Anda juga harus lebih disiplin untuk mempertahankan posisi tegaknya.

  • Cara memegang stik

Sebelum mengetahui cara bermain drum, maka cara memegang stik pun harus Anda ketahui. Tempatkan posisi ibu jari Anda di tengah stik drum, lalu sisakan pada bagian belakang sehingga bisa meminimalisir stick terlempar ketika memainkan drum. Sebetulnya ada dua teknik ketika memegang stick yaitu match grip dan teknik tradisional.

  • Injak pedal bass

Pijakan di pedal bass juga perlu dilatih karena butuh tenaga dan harus mengetahui benar tentang tempo keseluruhan alat musiknya. Teknik dasarnya ada dua yaitu full kick dengan menggunakan semua bagian telapak kaki atau half kick yaitu memakai setengah kaki saja dengan engsel untuk tumpuan.

  • Pengatur tempo

Kaki kiri harus bisa memainkan hi hat dengan benar karena fungsinya adalah untuk mengatur tempo permainan. Ketukan yang diberikan dari hi hat ini perlu baik dan jelas sehingga mampu memberikan kestabilan dalam permainan musiknya.

  • Mulai ketukan dasar

Untuk para pemula lebih baik memulai dengan ketukan di permainan snare misalnya single stroke, triplets dan lainnya sehingga bisa menguasai dasar terlebih dulu.

Secara teori, cara bermain drum memang rumit. Tetapi jika Anda sudah memegang stick dan mulai menabuh semua ketakutan akan kesulitan itu akan sirna. Memang untuk bisa jago dalam bermain drum butuh banyak waktu dan latihan, namun hal ini harus menjadi motivasi jika Anda pun bisa jadi drummer handal.

 

READ  Jenis Makanan Hewan Kucing Agar Cepat Gemuk

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More