Home Tips Simak Beberapa Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Membeli Biola

Simak Beberapa Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Membeli Biola

by Beverley Kennedy

Biola merupakan alat musik gesek yang memiliki suara merdu. Gaungnya dapat menghipnotis setiap orang yang mendengar secara langsung maupun tidak langsung permainan alat musik ini. Karena suaranya yang merdu tersebutlah banyak orang yang menginginkan untuk memiliki sekaligus bisa memainkan alat gesek ini. Namun pemain alat musik gesek pemula tersebut tak mengetahui tips dalam membeli alat musik gesek.

 

Berikut ini adalah tips dan hal yang harus diperhatikan sebelum membeli alat musik gesek bagi pemula.

  • Ukuran alat musik gesek

Ukuran ini menjadi salah satu hal yang penting sebelum membeli alat musik gesek. Alat musik gesek ini memiliki beberapa jenis ukuran, diantaranya ada yang 2/4, ¾ dan 4/4. Untuk ukuran dewasa biasanya menggunakan ¾ atau 4/4.

  • Kualitas kayu alat musik gesek

Kayu alat musik gesek ada yang terbuat dari jati, mahoni, cendana dan lain-lain. Beda jenis kayu maka berbeda pula kualitas suara alat musik gesek yang dihasilkan, harga yang akan didapat juga berbeda. Semakin keras kayu yang digunakan maka alat musik gesek akan semakin mudah jebol. Begitu pula bila kau terlalu empuk, maka alat musik gesek juga akan mudah rusak. Sebab senar pada badan alat musik gesek sangatlah tegang. Produk lokal biasanya memiliki kualitas yang kurang bagus, namun harga yang ditawarkan juga lebih ekonomis.

  • Tuning pad

Fungsi dari tuning pad adalah untuk mengencangkan dan mengendurkan senar alat musik gesek. Pada gitar, tuning pad tinggal diputar lalu disesuaikan saja dengan mudah, namun pada alat musik gesek tuning pad lebih sensitif. Bila tak beruntung maka Anda akan mendapatkan tuning yang gampang kendor. Jadi cek terlebih dahulu sebelum membeli alat musik gesek.

  • Bridge

Bridge pada biola letaknya ada di bawah 4 senar alat musik gesek. Harus diperhatikan ketika membeli alat musik gesek agar bridgenya tidak mudah lari atau lepas. Anda dapat menjajal bridge dengan cara menyetem alat musik gesek kuat-kuat, bila bridge tidak meleset maka Anda dapat mempertimbangkan untuk membelinya.

  • Hairs dan bow

Alat untuk menggesek alat musik gesek yang panjang itu namanya bow, senar-senarnya terbuat dari ekor kuda kalau yang berharga mahal. Namun sekarang ini bow terbuat dari serat sintesis yang kurang bagus dan kalah kualitasnya bila dibanding dengan ekor kuda. Sedangkan hairs adalah senar yang melekat pada alat musik gesek. Perhatikan senar tersebut apakah kendor atau kencang serta terbuat dari bahan apa.

Itulah tadi beberapa tips untuk membeli biola yang dapat dicoba oleh pemula. Selanjutnya Anda dapat berlatih menggesek alat musik gesek secara otodidak maupun kursus. Bila pada kali pertama membeli alat musik gesek tidak berbunyi ketika di gesek, alat musik gesek tersebut harus di gosok dulu dengan bubuk rousin agar senar tidak licin, sebab bila senar licin, alat musik gesek tak akan bersuara. Alat musik gesek memiliki rentang harga yang bermacam-macam, mulai dari yang murah sampai yang mahal. Mulai dari yang hanya ratusan ribu sampai yang jutaan rupiah.

READ  Cara Membuat Kerajinan Tangan Pot Bunga Lucu Yang Terbuat Dari Botol Bekas

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More