Home Aneka Hobi Sepeda Ontel Terbaik

Sepeda Ontel Terbaik

by Beverley Kennedy

Sepeda Ontel Terbaik—sepeda ontel mempunyai nama lain yaitu sepeda unta, sepeda kebo, atau sepeda pancal ini adalah sepeda yang berasal dari zaman Belanda. Jadi kesannya adalah klasik dengan citra rasa antik. Sepeda unik ini memliki sebuah dinamo di bagian depan yang terletak tepat di bagian garpu depan berdeketan dengan roda. Fungsi dinamo ini untuk menyalakan lampu depan. Dengan cara menempelkan bagian atas dinamo ke roda agar bergesekkan dan menimbulkan panas lalu menyalakan lampu.

Sepeda onthel memilki ukuran roda yang besar yaitu sekitar 28 inchi. Kedua gear depan belakangnya tidak bisa diubah-ubah. Cenderung statis dan rantainya mempunyai rumah sendiri untuk menutupinya.

Sepeda ini banyak ditemui dan digunakan pada zaman penjajahan belanda di Indonesia. Mula dari tahun 1930 populer hungga melewati tahun 1970, sebelum keberadannya digeser dengan kedatangan sepeda jengki, dimana merk Phoenix dari negeri China populer di kalangan masyarakat Indonesia. Sepeda ini memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dari sepeda onthel yang besar itu. Mulai dari desain framenya dan ukuran rodanya, berbeda semuanya.

Menginjak tahun 80-an, keberadaan sepeda pancal dan sepeda jengki mulai terambil alih oleh sepeda MTB yang desainnya keren dan menarik itu. Hingga akhirnya sepeda ini hanya dijumpai di masyarakat pedesaan. Dan akhirnya menginjak tahun 2000, sepeda ini menjadi langka dan antik. Setelah itu barulah beberapa tahun kemudian sepeda ini banyak diburu oleh berbagai kalangan untuk dikoleksi dan banyak komunitas sepeda ontel atau sepeda kuno yang didirikan.

Ada Beberapa merk sepeda ontel yang bisa dibilang terbaik d Belanda sana. Apa saja kah itu? Berikut beberapa daftarnya untuk anda.

Baca Juga: Sepeda Fixie

  • Warga
READ  Cara Pijat Bayi Yang Benar

Ini merupakan jebolan pabrik sepeda pertama di Belanda. Sepeda dengan merk Warga memproduksi sepeda terbaik dengan harga terjangkau.

  • Magnet

Didirikan pada 1923 dengan nama awal The Magnet. Pabrikan sepeda itu telah menjelma menjadi pabrik sepeda besar. Hingga pada tahun 1934, Magnet ini memiliki tim balap profesional. Dan mulai banyak dikenal.

  • Fongers

Merk sepeda ini didirikan pada tahun 1884. Dan mulai banyak memproduksi sepeda. Desainnya banyak dari inovasi yang menarik.

  • Rih

Tahun 1921 para bruder di Amsterdam sana mulai memproduksi sepeda balap untuk mereka sendiri. Dan mulai berkembang mejadi pabrikan kecil dengan sepeda-sepeda yang menarik.

  • Sparta

Di bangun pada tahun 1920 dan mulai menjelma menjadi sepeda ontel dengan baik pada tahun 1967. Hingga kini sepeda ini memilki desain yang solid.

  • Phoenix

Perusahaan sepeda ini dimulai tahun 1904 di Joure, dan berpindah ke Leeuwerden. Desain sepedanya megejutkan dengan sentuhan klasik khas.

  • Batavus

Frame sepeda Batavus mempunyai ciri khas yang baik. Dengan pembangunan awal pada perusahaan lokal di tahun 1917

  • Gazelle

Pabrik sepeda ini salah satu produsen sepeda antik yang cukup terkenal.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More