Home Tips Sejarah Lengkap Permainan Gasing yang Perlu Dilestarikan

Sejarah Lengkap Permainan Gasing yang Perlu Dilestarikan

by Beverley Kennedy

Di Indonesia mempunyai banyak sekali jenis permainan tradisional yang bisa dimainkan seperti gundu, lompat tali, hom pim pah, dan juga banyak permainan lainnya. Biasanya jenis permainan tersebut akan menggunakan media atau alat untuk dapat memainkannya. Seperti misalnya salah satu permainan tradisional yang dahulu banyak ditemui dan dimainkan oleh anak-anak adalah gasing atau gangsing. Jenis permainan ini sendiri merupakan mainan yang menjadi salah satu mainan tradisional yang perlu dilestarikan karena sekarang ini sudah sangat jarang ditemui dimainkan oleh anak-anak.

Bagi anak-anak yang lahir tahun 90an dan sebelumnya mungkin sudah akrab dengan jenis mainan tersebut. Tidak seperti anak jaman sekarang yang semua permainannya hanya ada dalam satu gadget dan tidak membutuhkan alat mainan lainnya. Gangsing sendiri merupakan alat mainan yang mempunyai bentuk bundar dan bisa berputar pada porosnya. Tugas orang yang memainkannya sendiri adalah untuk dapat memutar gangsing dengan tepat dan menjaganya agar tidak berhenti berputar dalam kurun waktu tertentu.

Menurut sejarahnya sendiri, permainan gasing ini adalah jenis mainan yang bisa ditemui dengan mudah di berbagai daerah yang ada di Indonesia. Baik dari Jawa, Sumatera, hingga juga daerah lainnya. Misalnya ada yang menyebutkan bahwa dari sejarahnya permainan ini sudah ada sejak tahun 1930an di Sulawesi Utara dan juga Kepulauan Riau. Dimana alat ini menjadi salah satu permainan yang populer dimainkan terutama saat momen tertentu yaitu 1 Muharram dan dimainkan oleh anak-anak di depan rumah. Mainan ini sendiri biasanya dapat ditemui dengan banyak bentuk dan juga bahan pembuatnya yang berbeda.

Nama dari permainan ini juga macam-macam tergantung dari daerah yang ada di Indonesia. Dimana beberapa nama yang ada adalah sebagai berikut ini:

Kamu harus tau tentang dunia permainan tradisional zaman dulu agar tetap terjaga dan tidak tertelan zaman. Lihat selengkapnya di hobibanget.com

  • Di daerah Jawa Barat, Jakarta , dan sekitarnya biasanya permainan ini dikenal dengan nama gangsing atau panggal.
  • Di daerah Lampung dan Sumatra biasanya dikenal dengan nama pukang.
  • Di daerah Kalimantan Timur alat ini disebut dengan begasing.
  • Di daerah Maluku nama mainan yang satu ini dikenal dengan maggasing.
  • Di daerah Sulawesi Utara nama mainan ini adalah Paki.
  • Di daerah Jawa Timur nama yang dikenal untuk permainan ini adalah kakehan.
  • Dan di Yogyakarta namanya dikenal dengan gangsingan.

Mainan tradisional gasing ini memang menjadi salah satu dari sekian banyak permainan yang mulai terancam punah di Indonesia. Hal tersebut karena banyaknya permainan yang lebih menarik minat anak-anak seperti misalnya gadget. Padahal dari berbagai sisi permainan tradisional ini juga tidak kalah menyenangkan dari permainan modern. Oleh karena itulah perlu adanya usaha untuk melestarikan permainan ini agar tidak hilang ditelan jaman dan sudah ditemukan lagi nantinya akan dimainkan oleh generasi bangsa ke depan.

 

READ  MEMBUAT KERAJINAN TANGAN DENGAN MUTE

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More