Home Aneka Hobi Sebelum Melakukan Diving, Perhatikan Dahulu Keempat Hal Ini!

Sebelum Melakukan Diving, Perhatikan Dahulu Keempat Hal Ini!

by Beverley Kennedy

Indonesia memang dikenal dengan negara kepulauan yang memiliki dunia maritim yang sangat indah dan kaya. Itulah yang menjadi alasan mengapa pantai serta laut Indonesia sangat diminati sebagai tempat wisata oleh para turis manca negara dan juga turis lokal. Untuk menikmati keindahan dunia bawah laut, Anda bisa melakukan beberapa cara, salah satunya adalah diving. Kegiatan ini memungkinkan Anda untuk menyelam ke bagian bawah laut dengan menggunakan peralatan yang lengkap dan tabung oksigen agar dapat bernafas di dalam air dalam waktu yang lama. Namun, kegiatan ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum mulai menyelam, pastikan dahulu beberapa hal ini:

Punya Lisensi atau Instruktur
Menyelam ke bagian bawah laut memang terdengar cukup berbahaya jika dilakukan oleh seorang yang masih awam dengan hal tersebut. Bahkan bagi yang profesional pun masih memiliki peluang untuk terjadinya kesalahan. Namun, akan sangat lebih baik jika Anda mengikuti pelatihannya dan mendapatkan lisensi untuk melakukan kegiatan tersebut. Namun jika belum mempunyainya, Anda juga masih bisa melakukannya tetapi harus didampingi oleh instruktur dan juga yang sudah ahli dan profesional dalam bidang ini.

Kondisi Tubuh
Sebelum melakukan kegiatan ini, memperhatikan kondisi tubuh Anda sendiri sangatlah penting. Hal ini dikarenakan kondisi dan lingkungan bawah laut sangat berbeda dengan dataran dimana kita tinggal. Oleh karena itu, kondisi tubuh Anda perlu diperhatikan. Untuk melakukan diving, Anda harus berada dalam kondisi tubuh yang prima, jika kurang sehat, janganlah memaksa untuk tetap melakukan kegiatan ini. Juga pastikan bahwa Anda memiliki istirahat yang cukup dan juga makan dengan teratur sehingga stamina Anda terjaga.

baca juga: Tips dan Trik Belajar Memasak yang Enak, Mudah dan Cepat untuk Para Pemula

Periksa Alat Menyelam
Yang satu ini memang harus sekali diperhatikan dan juga dicek sebelum Anda menyelam ke bawah laut, karena jika ada kesalahan dalam alat-alat tersebut, maka keselamatan Anda akan terancam. Untuk itu, sebelum melakukan kegiatan ini Anda harus mengecek kondisi dari alat-alat yang akan dipakai, terutama tabung oksigen. Meskipun alat tersebut sudah dicek oleh sang instruktur atau yang profesional, ada baiknya Anda memeriksanya sekali lagi sebelum menyelam. Hal ini bukan karena tidak percaya, namun ada baiknya untuk memastikannya sendiri agar Anda merasa lebih aman dan nyaman saat menyelam.

See also  Dasar-dasar dalam Melakukan Bernyanyi Agar Menghasilkan Suara yang Bagus

Bisa Berenang
Menyelam ke bawah laut dan bergerak di dalamnya memang dilakukan dengan gaya-gaya yang biasa dipakai untuk berenang. Namun, jika Anda tidak bisa berenang juga sebenarnya diperbolehkan untuk melakukan diving. Tetapi akan lebih baik jika Anda bisa berenang agar Anda bisa merasa tenang dan juga mudah untuk menyelam di dalam air. Ada baiknya jika Anda mempelajarinya dahulu sebelum menyelam ke dalam laut. Meski hanya bisa sedikit tidak apa, asal dapat memberikan rasa tenang dan juga nyaman bagi Anda.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More