Home Tips Sebelum Bermain Base Ball, Kenali Dulu Posisi dan Tugasnya Berikut Ini

Sebelum Bermain Base Ball, Kenali Dulu Posisi dan Tugasnya Berikut Ini

by Beverley Kennedy

Base ball atau bisbol merupakan permainan yang menggunakan tongkat dan bola yang dimainkan oleh 9 orang pemain untuk masing-masing tim. Dalam 1 laga bisbol terdapat 4 atau 6 orang wasit. Permainan yang memerlukan teknik dasar melempar dan memukul ini butuh ketepatan agar tim bisa mendapatkan nilai dari lawan. Pada dasarnya posisi pada bisbol dibedakan menjadi 2 yaitu bertahan dan menyerang.

Tim bertahan harus menempatkan pemainnya di daerah dalam (infield) dan luar (outfield). Sedangkan untuk tim penyerang, ada posisi pemukul/batter yang bertugas memukul bola agar dapat mencetak angka atau run dan setelah memukul harus lari ke base runner dengan menginjak atau menyentuh base secara berurutan hingga ke home plate. Setiap tim harus menyiapkan daftar pemain serta urutan giliran pemukul atau daftar lineup. Daftar tersebut tidak boleh digani ataupun dirubah namun bisa diganti atau ditarik dengan pemain baru. batter ini

Untuk posisi bertahan di bagian daerah dalam lapangan atau infiled, terdapat 4 posisi. Pertama adalah first baseman/penjaga base pertama. Pemain ini berdiri di dekat homeplate serta base pertama dan diantara base 1 dan 2. Tugas dari pemain ini adalah mematikan pelari atau pemain penyerang yang hendak menuju ke base 1, melempar ke base kedua agar pemain penyerang mati terpaksa atau force out dan untuk menangkap bola yang dilempar ataupun yang dipukulkan ke arah base 1.

3 posisi lain di infield base ball  adalah:

  • Second base/penjaga base kedua yang berada di antara base 1 dan 2. Bertugas untuk menjaga bola yang dipukul ke arah daerah yang dikuasai, mematikan pelari di base 2 dan melempar ke bas 1 untuk force out.
  • Short stop di sekitar base 2 hingga ketiga dan sekitar depan outfiled. Tugasnya menjaga pukulan bola di daerah yang dikuasai, membantu 2nd baseman di base 2, melempar bola ke base 1 dan 2 untuk force out.
  • 3rd baseman di base 3 hingga belakang short stop serta di daerah lef fileder untuk menjaga base 3 serta melempar ke pemain 1st baseman untuk force out.

Sedangkan posisi pada outfiled pada base ball adalah:

  • Left fielder di kiri outfiled untuk menjaga pukulan bola di daerah tersebut.
  • Center fielder di daerah tengah outfield menjaga daerah yang dikuasai serta mengarahkan tempat yang harus dijaga right dan left fielder.
  • Right fielder di kanan outfiled bertugas menjaga daerah yang dikuasai.
  • Pitcher atau pellember di daerah pickter hingga dekat home plate bertugas melempar bola ke batter, menjaga base 1, membantu pemain di belakang home plate.
  • Catcher (penangkap) di antara home plae dan back stop untuk menjaga home plate dan mematikan pelari, menangkap bola dari pichter dan melempar ke base 1, 2, 3 untuk mematikan lawan.

 

READ  Penggunaan Shampo Kucing Terbaik untuk Kesehatan Bulu Tanpa Adanya Kutu

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More