Home Tips Rekomendasi Makanan Kucing yang Sehat dan Ekonomis

Rekomendasi Makanan Kucing yang Sehat dan Ekonomis

by Beverley Kennedy
Rekomendasi Makanan Kucing yang Sehat dan Ekonomis

Bagi para pecinta kucing tentunya akan sangat memperhatikan berbagai hal khususnya makanan yang dikonsumsi. Apapun jenis kucing yang Anda miliki baik ras Persia, MainCoon hingga kucing kampung tetap membutuhkan makanan yang sehat dan aman. Jika jenis khusus seperti Persia dan MainCoon membutuhkan makanan khusus, lain halnya dengan kucing kampung yang bebas memakan apa saja. Meski demikian, makanan kucing kampung juga tidak boleh seenaknya saja sehingga Anda harus mengetahui beberapa makanan yang baik dan murah di kantong untuk kucing kampung Anda diantaranya:

Rekomendasi Makanan Kucing yang Sehat dan Ekonomis

Makanan Khusus Kucing

Saat ini Anda tidak perlu khawatir atau repot-repot membuat makanan sendiri untuk si kucing karena sudah banyak petshop yang menyediakan semua kebutuhan binatang peliharaan khususnya kucing mulai dari perawatan tubuh, vitamin, hingga makanan. Meskipun makanan kucing sudah tersedia, Anda harus tetap memilih produk yang berkualitas baik berdasarkan kondisi kucing peliharaan. Usahakan untuk tetap memberikan makanan yang bervariasi agar si kucing tidak bosan dan bisa menerima semua jenis makanan.

Nasi

Layaknya manusia yang membutuhkan karbohidrat dalam tubuh, kucing juga membutuhkannya yang bisa didapatkan dari nasi. Makanan kucing yang satu ini sebaiknya juga dicampur dengan lauk seperti daging atau ikan. Namun, Anda dilarang memberikan nasi terlalu banyak karena kandungan glukosa di dalamnya dapat membuat si kucing mengalami obesitas dan beberapa penyakit lain.

Daging

Kucing merupakan salah satu hewan yang masuk dalam golongan karnivora sehingga makanan utamanya adalah daging. Makanan kucing yang satu ini harganya memang agak mahal, namun Anda bisa menekan pengeluaran dengan memberikan berbagai jenis daging yang mampu Anda beli. Hal ini dikarenakan makanan yang sehat untuk kucing Anda bukan berdasarkan jenis dagingnya melainkan cara pengolahan yang benar. Pengolahan daging bisa dilakukan dengan cara digoreng, direbus atau dihaluskan seperti bubur. Penuhi kebutuhan daging ini minimal 1x seminggu agar kebutuhan nutrisi dan vitamin E nya dapat terpenuhi.

Tempe

See also  Cara Bijak Merawat Kucing, Ini Jawaban Dari Kami

Alternatif makanan kucing pengganti nasi adalah tempe. Tempe bisa dijadikan sebagai sumber energy bagi kucing Anda. Anda juga harus mengolahnya terlebih dahulu dengan cara direbus kemudian dihaluskan hingga seperti bubur dan ditambahkan lauk seperti ikan atau daging.

Susu

Setelah makanan kucing yang bernutrisi, kucing juga membutuhkan asupan minuman yang bernutrisi pula. Salah satu minuman yang dibutuhkan adalah susu. Susu mengandung protein dan kalsium yang bagus untuk pertumbuhan kucing. Jenis susu yang diperbolehkan bisa Anda tanyakan di pet shop karena Anda tidak boleh memberikan susu sapi kepada si kucing. Hal ini dikarenakan kucing tidak bisa mencerna protein dari susu sapi.

Air putih

Air putih adalah salah satu kebutuhan pokok semua makhluk hidup tidak terkecuali kucing Anda. Selalu sediakan air minum di wadah yang bersih untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuhnya.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More