Home Tips Rekomendasi Mainan Anak Berusia di Atas 4 Tahun

Rekomendasi Mainan Anak Berusia di Atas 4 Tahun

by Beverley Kennedy

Sejak masa pertumbuhan, bayi cenderung ingin mengekspresikan barang-barang yang berada di sekitarnya. Nah, sudah saatnya kini Anda memberikan mainan edukatif untuk menjaga si kecil agar jauh dari bakteri penyebab penyakit. Mainan edukatif ini sangat efektif diberikan kepada anak usia 4 tahun ke atas agar membantu pengetahuan dan kemampuannya memahami suatu permainan. Beberapa pilihan mainan anak yang edukatif akan dijelaskan dalam uraian di bawah ini.

Rekomendasi Mainan Anak Berusia di Atas 4 Tahun

Cara Memilih Mainan Anak Edukatif

Saat memilih mainan untuk sang buah hati, tentu kita tidak bisa sembarangan. Mainan yang tidak sesuai terkadang justru membahayakan keselamatan bayi. Berikut adalah beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum menentukan pilihan, antara lain:

  1. Memeriksa batasan usia pada produk mainan. Hampir setiap mainan selalu memiliki petunjuk usia pemakaian. Jika usia putra/putri Anda masih di bawah batas minimum yang disarankan oleh produsen, sebaiknya Anda tidak memberikan mainan tersebut. Karena tingkat kesulitannya belum sesuai dengan perkembangan usia anak.
  2. Melatih kemampuan komunikasi melalui taman kanak-kanak atau pres-school pada usia 4 hingga 6 tahun. Mainan yang dimainkan bersama teman akan membantu perkembangan psikis dalam lingkungan sosial.
  3. Latihan berekspresi dengan huruf dan angka. Anak yang memasuki usia 4 tahun hendaklah sudah diajari berhitung dan mengenal huruf. Anda dapat memberikan mainan angka atau huruf dengan beragam warna.

Rekomendasi Mainan Edukatif Anak

  • Nobie Toys Balok Bangun

Mainan ini terdiri dari 21 balok berukuran kecil. Meskipun harganya ekonomis, fungsinya tidak bisa diremehkan dalam berkontribusi membantu tumbuh kembang kreativitas dan imajinasi anak. Mainan ini dikategorikan dalam jenis open ended karena tidak diperlukan aturan khusus dalam menanganinya. Ada empat pilihan ukuran yang bisa Anda pilih sesuai usia anak Anda. Harga: 35,000.-.

  • Puzzlo Puzzle What Color

Puzlo adalah sejenis mainan yang berupa kartu berbentuk lingkaran. Biasanya terbuat dari bahan karton tebal, namun tetap tahan lama. Kartu-kartunya dihiasi dengan berbagai warna yang mampu meningkatkan koordinasi antara mata dan tangan. Harga: Rp 27,500.-.

  • Stiker Mosaik

Di dalam paket mainan ini terdapat 8 warna gabus mozaik, 1 kantong manik-manik, dan 1 lembar double tape untuk merekatkan manik-manik. Mainan stiker ini dapat membantu perkembangan motorik saat belajar menempelnya. Harga: Rp 12.500.-.

  • Interlocking Learning Bocks

Mainan ini terdiri dari 81 blocks yang dilengkapi dengan 3 gear berukuran berbeda. Produk ini pun juga bisa bergerak dengan mengisi baterainya. Interlocking bocks ini juga memiliki warna yang beragam sehingga menarik perhatian anak. Rp: 85,000.-

  • Drawing ¬†Board Funny Toys

Mainan anak yang satu ini berbentuk meja lipat multifungsi yang terdiri dari 66 keping mainan. Fungsinya adalah sebagai papan belajar dengan menempelkan angka dan huruf yang mampu menempel karena adanya magnet.

READ  Sebelum Perbarui PlayStation, Simak Dulu Spesifikasi dan Harga PS4 Terbaru Ini

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More