Home Aneka Hobi Ragam Peralatan Panjat Tebing dan Fungsinya

Ragam Peralatan Panjat Tebing dan Fungsinya

by Beverley Kennedy

Ragam Peralatan Panjat Tebing dan Fungsinya—salah satu olahraga ektream yang banyak digandrungi banyak orang adalah, panjat tebing. Olahraga ini terbilang cukup berbahaya jika tidak dilakukan dengan prosedur yang benar. Salah salah nyawa melayang. Maka dari itu pengetahuan akan olahraga ektrim panjat tebing ini sangatlah penting. Terlebih bila anda ingin menekuni olahraga satu ini.

Nah berikut akan kami jelaskan beberapa Ragam Peralatan Panjat Tebing dan Fungsinya. Peralatannya tergolong tidak sedikit.  Ini karena keperluan akan hal tersebut cukuplah banyak guna menjaga keselamatan anda. Apa saja peralatannya? Berikut ulasannya untuk anda.

  • Hardness

Hardness adalah alat untuk menopang tubuh yang terikat di pinggang yang berfungsi sebagai pengaman yang akan terhubung dengan tali. Kalau dilihat dari bentuknya, peralatan panjat tebing satu ini, terbagi menjadi tiga bagian. Yaitu, seat hardness, chest hardness dan full body hardness. Seat haardness biasa dikombinasikan dengan sabuk dan figure of eight sling. Hardness satu ini sering dipakai oleh para pendaki, karena keberadaannya tidak mengganggu pergerakan para pendaki. Full body hardness merupakan penopang tubuh secara keseluruhan, dilengkapi dengan sangkutan.

  • Carabiner

Carabiner merupakan cincin kait yang berfungsi sebagai penghubung antara peralatan satu dengan peralatan lainnya. seperti tali dengan tali. Peralatan panjat tebing satu ini merupakan peralatan dasar wajib yang harus dimiliki  oleh pendaki.  Alat satu ini terbuat dari alumunium alloy yang kuat dan ringan. Berdasarkan lekuk bentuknya, alat satu ini terbagi dua macam. Yaitu carabiner screw gate dan carabiner snapgate. Carabinner screw gate menggunakan kunci pengaman sebagai pengaitnya. Dan snapgate tidka ada penguncinya.

  • Descender

Peralatan panjat tebing satu ini berfungsi unutk menuuni tali. Dengan alat ini anda dapat meluncur dengan bebas ke bawah secara aman. Descender ini mempunyai sistem kerja dua bagian, yaitu otomatis dan manual. Berikut beberpa jenisnya.

Figure of eight; autostop; grigri; dan shunt.

Baca Juga: Peralatan Panjat Tebing Grigi

  • Ascender
READ  3 Tempat Wisata Di Sekitar Kota Bandung

Jika descender berguna ketika anda menuruni tebing alias turun ke bawah, maka Ascender ini mempunyai fungsi kebalikannya. Ya, peralatan panjat tebing satu ini berguna untuk membantu anda memanjat tebing.

  • Webbing

Bentuknya pipih memanjang, mirip ribbon. Terbuatdari Nylon yang lentur dan kuat. Panjang staandarnya dalah 5 meter. Webbiing ini mempunyai fungsi sebagai anchor maupun pengikat tubuh sebagai tambahan untuk hardness.

  • Hammer

Ini adalah palu untuk menanam dan juga melepas piton, selain itu juga berguna untuk memaku bolt. Dan bagian ujungnya berfungsi untuk mengencangkan mur .

  • Piton

Adalah sahabat setianya hammer. Ini merupakan paku khusus untuk panjat tebing. Paku ini terbagi menjaid due jenis. Yaitu blade dan angel. Piton blade mempunyai bentuk yang pipih berguna untuk clah sempit sedangkan angel untuk celah besar.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More