Home Tips Ragam Alat Pancing ini Perlu Anda Ketahui Sebelum Mulai Memancing

Ragam Alat Pancing ini Perlu Anda Ketahui Sebelum Mulai Memancing

by Beverley Kennedy
Ragam Alat Pancing ini Perlu Anda Ketahui Sebelum Mulai Memancing

Memancing menjadi salah satu kegiatan yang cukup menyenangkan. Bagi Anda yang masih pemula, Anda harus mengenal alat pancing sebelum berangkat. Hal ini agar saat di lokasi pemancingan Anda tidak bingung mencari peralatan dan acara memancing Anda bisa berjalan dengan lancar.

Ragam Alat Pancing ini Perlu Anda Ketahui Sebelum Mulai Memancing

Ragam Peralatan Memancing

Banyak perlengkapan dan peralatan yang harus dipersiapkan sebelum Anda memancing. Banyaknya alat pancing, bisa membuat Anda sedikit bingung. Namun jangan khawatir, berikut adalah daftar peralatan memancing beserta fungsinya yang patut Anda ketahui.

Kotak Pancing-Tackle Box

Salah satu peralatan yang penting bagi Anda. Kota ini berguna untuk membawa dan menyimpan segala perlengkapan dan peralatan yang berhubungan dengan kegiatan memancung yang Anda lakukan.

Swivel – Kili-Kili

Swivel juga sering disebut sebagai timah bandul. Alat pancing yang satu ini berfungsi sebagai pemberat pada kail Anda agar bisa turun ke dalam air. Pilihlah timah dengan bentuk seperti peluru agar senar Anda tidak melintir.

Nikelin

Nikelin atau yang dikenal sebagai kawat seling ini merupakan peralatan memancing yang berfungsi sebagai senar sambungan saat Anda akan memancing ikan dengan gigi tajam ataupun ikan yang berukuran besar.

Joran – Rod

Joran atau rod yang ingin Anda gunakan sebaiknya pilih yang tidak ada sambungannya atau one piece dan maksimal pilih yang memiliki dua sambungan atau two piece. Bahan yang digunakan biasanya fiber glasa, carbon, grafit, boron, atau kevlar.

Kotrek-Sabiki

Kail yang dibuat seperti rangkaian namun ia memiliki bentuk yang menarik terutama bagi ikan. Beberapa ikan yang bisa Anda pancing dengan alat ini adalah tembang, layang, como, dan kembung.

 

Senar atau Kenur – Lines

Senar ini digunakan untuk Anda bisa menjulurkan pancing hingga ke lokasi yang cukup jauh. Biasanya pemancing ikan menggunakan yang berukuran 8 lbs hingga 20 lbs dengan panjang yang bervariasi.

Penggulung Reel

READ  Rekomendasi Mainan Anak Berusia di Atas 4 Tahun

Penggulung menjadi salah satu alat pancing yang wajib dimiliki oleh pemancung ikan. Dengan alat ini Anda bisa lebih mudah dalam menggulung senar dan menarik ikan yang sudah tertangkap di pancing Anda.

Hook-Kail

Alat pancing yang paling banyak diketahui oleh banyak orang adalah kail. Kail inilah yang digunakan untuk menangkap ikan agar ikan tersangkut di dalamnya.

Lure – Umpan

Inilah peralatan memancing yang akan menarik ikan melahap dan terjebak kail pada 0ancing Anda. Anda bisa menggunakan umpan hidup maupun buatan.

Pelampung

Alat pancing satu ini sering dibuat dari gabus, bisa, fiber glass, plastik maupun kayu. Ia akan mengapung di atas permukaan air dan akan menunjukkan lokasi kail Anda yang sudah dilempar.

Gunting

Sebaiknya Anda membawa gunting saat pergi memancing. Gunting tersebut bisa berguna untuk menggunting umpan, senar maupun rangkaian mata kail yang sudah kusut.

Topi

Peralatan tambahan ini akan membantu Anda merasa nyaman saat memancing. Terutama pada suasana terik atau panas.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More