Home Aneka Hobi Pukulan dan Serangan dalam Tenis Meja yang Harus Anda Ketahui  

Pukulan dan Serangan dalam Tenis Meja yang Harus Anda Ketahui  

by Beverley Kennedy

 

Pukulan dan Serangan dalam Tenis Meja yang Harus Anda Ketahui   

Olahraga tenis meja atau yang biasa dikenal dengan pingpong ini berasal dari China, dimana pemainnya bisa berupa seorangan atau ganda. Permainan ini pun sudah ada sejak 1880 dan terus berkembang dan tetap disukai oleh orang-orang di seluruh dunia. Begitu pula di Indonesia, permainan ini begitu digemari dan sebagian orang sudah menetapkan bahwa ini adalah hobi mereka. Bermain permainan ini pun tidak mudah, Anda harus mengetahui bagaimana cara bermainnya, cara memegangnya, bagaimana cara memukul bola dan bagaimana meluncurkan serangan kepada lawan agar mencetak angka. Berikut ini adalah cara-cara untuk Anda memukul bola dalam permainan ini:

 

Pukulan Forehand

Jenis pukulan ini sangat sering dipakai oleh para pemain olahraga ini. Anda hanya perlu berdiri di depan meja permainan tersebut dengan posisi berdiri yang benar, satu kaki di depan. Setelah itu, peganglah bet dengan satu tangan di samping badan dan bentuklah sudut 90 derajat. Lalu pukul dengan mengarahkan bet dari belakang ke depan. Saat bet mengenai bola, haruslah berada dalam posisi atau titik tertinggi yang bisa dicapai.

 

Pukulan Backhand

Jenis pukulan ini juga ternyata ampuh untuk membalikkan bola yang dilemparkan oleh lawan. Untuk melakukannya, berdiri di depan meja dari permainan tenis meja dan letakkan satu kaki di depan badan Anda. Tangan harus memegang bet yang berada di samping badan Anda dan lengan harus membentuk sebuah sudut kecil. Untuk melancarkan pukulan, gerakkan bet dari belakang ke depan namun menyamping. Ketika bet sudah mengenai bola, maka bola pun akan mencapai posisi atau titik yang paling tinggi.

 

Selain jenis pukulan, Anda juga harus mengetahui beberapa teknik untuk menyerang lawan agar dapat mencetak angka. Berikut adalah beberapa jenis serangan:

Baca Juga : Kuasai 4 Pukulan Ini Sebelum Anda Bertanding Tenis Meja!

Forehand Drive

Untuk melakukannya, Anda harus meletakkan kaki kiri di bagian depan dengan badan yang menyerong ke arah kanan dan membentuk sudut 45 derajat sambil menekuk lutut sedikit. Posisikan bet di samping badan Anda dengan agak ke belakang, namun kepala bet harus menghadap ke tanah. Saat bola sedang menuju ke arah Anda, ayunkan lengan ke depan dan gesekan ke bagian belakang bola untuk bola yang kosong dan ke bagian bawah untuk bola yang isi. Bantulah dengan menggunakan pergelangan tangan untuk menggesek bola tersebut ke atas, jadi bet dapat berhenti di atas kepala bagian kiri.

 

Backhand Drive

Untuk melakukan serangan ini dalam permainan tenis meja, letakkan kaki kanan ke depan dengan badan menyerong ke kiri dengan lutut ditekuk. Tarik bet ke samping badan yang mendekati pinggang sebelah kiri dan lengan tangan menempel di dada, serta bet mengarah ke tanah. Lakukan posisi tersebut saat bola menuju ke arah Anda dan pukullah dengan mantap maka Anda pun akan mencetak angka.

 

See also  4 Jenis Tanaman Hias Gantung Tahan Panas Populer

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More