Home Aneka Hobi Perubahan Pada Tubuh Ibu Hamil Muda

Perubahan Pada Tubuh Ibu Hamil Muda

by Beverley Kennedy

Pada trimester pertama, ibu hamil muda akan mengalami beberapa perubahan pada tubuhnya. Perubahan yang terjadi ini merupakan peralihan dari keadaan tidak hamil ke keadaan hamil. Perubahan ini biasanya dirasakan drastis oleh mereka, mulai dari mual dan muntah hingga mudah lelah dan perubahan mood.

Tidak semua ibu hamil muda mengalami perubahan kondisi tubuh yang sama karena selalu ada variasi (keunikan) dalam diri setiap individu. Walaupun demikian, berikut adalah beberapa perubahan tubuh yang umum mereka alami.

Payudara membesar

Sebagian besar ibu hamil muda akan mengira perutnya akan mulai membesar setelah dinyatakan hamil. Faktanya, bagian tubuh yang pertama kali membesar adalah payudara. Pembesaran ini terjadi karena hormon mempersiapkan ibu untuk masa menyusui. Rasa nyeri biasanya mengiringi pembesaran payudara ini, sehingga ibu disarankan untuk menyiapkan bra yang dirancang khusus untuk masa kehamilan agar payudara terasa lebih nyaman.

Pendarahan

Sekitar 25% ibu hamil muda akan mengalami sedikit pendarahan pada trimester pertama. Keluarnya sedikit darah ini dapat menandakan terjadinya implantasi (menempelnya embrio di dinding rahim). Akan tetapi, ibu harus waspada bila terjadi pendarahan dalam jumlah banyak yang disertai rasa nyeri pada perut karena bisa jadi ini merupakan tanda keguguran atau kehamilan di luar rahim.

Baca Juga: Beberapa Hal yang Membuat Dunia Kehamilan Lebih Menyenangkan

Mual muntah (morning sickness)

Ini merupakan gejala yang paling terkenal. Gejala ini terjadi pada sekitar 85% ibu hamil muda. Gejala ini terjadi karena perubahan hormon selama masa kehamilan dan dapat berlangsung hingga menjelang trimester kedua. Untuk mengatasinya, Anda bisa makan dalam porsi yang lebih kecil, mengonsumsi makanan dengan rasa yang tidak terlalu kuat, minum air putih atau minum air yang asam seperti jus apel. Bila muntah terjadi berlebihan hingga Anda tidak sanggup makan, segera konsultasikan ke bidan atau dokter kandungan Anda.

Keputihan

READ  Seberapa Aman Paralayang? Cari Jawabannya DI SINI!

Ibu hamil muda lazim mengalami keluarnya cairan yang berwarna putih susu dan agak kental. Bila bisa membuat Anda nyaman, Anda bisa menggunakan produk panty liner, namun panty liner ini harus sering diganti agar organ intim Anda tidak lembap dalam waktu lama. Kondisi lembap ini rawan menimbulkan infeksi pada organ intim Anda. Bila keputihan berwarna kuning atau hijau dan disertai bau tidak sedap, segeralah berkonsultasi dengan bidan atau dokter kandungan Anda.

Konstipasi

Pergerakan otot usus pada masa kehamilan akan lebih lambat dari waktu sebelum hamil. Ini terjadi karena pertambahan hormon progesteron memiliki efek menurunkan kontraksi atau pergerakan otot pada dinding usus. Belum lagi nutrisi zat besi yang harus ibu hamil muda konsumsi akan menambah kemungkinan ibu terkena konstipasi. Untuk mengatasinya, pastikan ibu hamil muda mengonsumsi cukup serat dan air.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More