Home Tips Persiapkan Hal Ini Ketika Ingin Mancing di Laut

Persiapkan Hal Ini Ketika Ingin Mancing di Laut

by Beverley Kennedy

Mancing merupakan salah satu hobi menangkap ikan di laut, kolam harian maupun sungai. Kegiatan menangkap ini tidak hanya dilakukan oleh nelayan saja tetapi juga orang-orang yang hobi dengan ikan laut. Hobi tidak hanya disukai oleh kaum muda tetapi juga kaum yang sudah lanjut usia dan tidak mengenal laki-laki atau perempuan karena semua kalangan menyukai kegiatan menangkap ikan ini.

 

Memancing di laut, kolam harian dan sungai tentunya menggunakan teknik yang sama namun tentu memiliki perbedaan dalam umpan maupun setelan alat pancing yang akan digunakan. Oleh sebab itu, seorang pemancing mania di laut perlu memperhatikan beberapa hal dibawah:

 

  • Umpang pancing, gunakan umpan cumi-cumi yang dipotong ketika kondisi air laut masih jernih, gunakan umpan udang dan ikan kecil ketika kondisi air laut keruh, dan gunakan umpan cumi-cumi yang utuh ketika memancing di tengah laut.
  • Terdapat dua setelan alat pancing saat di laut yaitu rangkaian umpan gantung dan rangkaian umpan di atas permukaan. Umpan gantung biasanya berada diantara permukaan laut dan dasar laun serta menggunakan mata kail lebih dari satu. Umpan diatas permukaan biasanya berada 2-3 meter dibawah tempat memancing.
  • Manfaatkan umpan pancing buatan yang memiliki warna yang mencolok dan sedikit berat supaya stabil dalam laut.
  • Hindari memancing saat terang bulan karena dapat memudahkan ikan mengenali umpan pancing.
  • Hindari memancing disaat kondisi hujan maupun kondisi laut yang tidak bersahabat.

 

Beberapa tips diatas dapat membantu seorang pemancing untuk mancing ikan di laut dengan benar. Hal ini tentunya akan memaksimalkan hasil pancingan dan ikan yang ditangkap pun bersih dan aman untuk di konsumsi. Pemancing yang ahli biasanya hanya akan memancing ikan tertentu, ikan yang unik, kemudian melepaskannya kembali. Ini dilakukan untuk mendapat pengalaman menangkap ikan jenis berbeda dan mengabadikan momen ketika memperoleh ikan tersebut. Tindakan juga ini baik untuk mengurangi kelangkaan jenis ikan.

 

Saat memancing di laut perlu mempersiapkan beberapa hal di bawah ini diantaranya:

 

  • Life jacket untuk menjaga keselamatan pemancing.
  • Rompi untuk menyimpan piranti ringan misalnya umpan, gunting atau aksesoris lainnya.
  • Kacamata hitam untuk menjaga mata dari cahaya matahari langsung.
  • Landing net untuk membantu penangkapan ikan yang memiliki ukuran lebih besar.
  • Perhatikan penggunaan ril, line dan lure.

 

Hal-hal yang perlu dipersiapkan ketika memancing di laut memang lebih kompleks karena menyesuaikan dengan kondisi ekstrim di laut. Selama melakukan kegiatan mancing usahakan tetap menggunakan sepatu dan alas kaki supaya terhindar dari air. Memperhatikan penggunaan ril supaya sesuai dengan joran yang dimiliki, line yang digunakan juga harus tebal agar tidak mudah putus ketika dihentak oleh ikan, dan penggunaan lure disesuaikan dengan corak yang dibutuhkan dan sesuai dengan kondisi laut saat itu.

 

READ  Simak Beberapa Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Membeli Biola

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More