Home Aneka Hobi Persiapan Sebelum Futsal

Persiapan Sebelum Futsal

by Beverley Kennedy
Persiapan Sebelum Futsal

Olahraga ini termasuk olahraga atau hobi yang sangat populer saat ini. Hobi ini memang sangat menyenangkan. Selain juga menyehatkan tentunya. Futsal memang menjadi alternative dari semakin sulitnya lapangan sepak bola ditemui, apalagi di kota – kota besar. Hobi ini juga menjadi alternative bagi orang yang suka sepak bola tapi tidak punya waktu untuk melakukannya. Toh, prinsip dan cara bermainnya relatif sama. Bagi yang sudah terbiasa bermain sepak bola mungkin tidak perlu persiapan khusus untuk melakukannya. Tapi untuk anda yang baru ingin memulai, persiapan sebelum futsal perlu anda siapkan.

Persiapan Sebelum Futsal

Memang tidak jauh berbeda dengan sepak bola. Tapi ada hal – hal yang berbeda tentunya,selain ukuran lapangan yang lebih kecil. Selain lebih kecil, lapangan futsal umumnya di dalam ruangan. Meski begitu keduanya memerlukan persiapan.  Adapun untuk futsal, ini persiapannya :

  • Pahami aturan mainnya

Futsal memang secara umum baik teknik maupun cara bermainnya mirip dengan sepak bola. Tapi, banyak aturan yang berbeda dengan sepak bola. Kalau membaca aturannya ternyata sangat banyak sekali dan sangat rinci. Tapi jika cuma sebagai hobi saja, tidak perlu mengetahui semuanya. Cukup pahami gambaran secara garis besarnya saja.

Baca Juga:Tips-tips Meningkatkan Kemampuan dalam Permainan Futsal

  • Siapkan perlengkapannya

Sama seperti sepak bola, jenis perlengkapannya  sama saja. Kaos jersey, celana bola, kaus kaki dan sepatu.  Untuk kaos, celana dan kaus kaki sama saja dengan sepak bola. Untuk sepatunya berbeda. Bila sepatu bola (sepak bola) ada pulnya, ini flat atau datar tanpa pul. Bagian bawahnya hanya berupa sol saja. Tipsnya carilah yang solnya tidak licin, punya grip atau daya cengkram yang baik.

Sebenarnya ada satu lagi perlengkapannya yaitu bola. Bolanya berbeda dengan jenis bola untuk sepak bola. Tapi masalah bola tidak perlu dipikirkan karena sudah tersedia dan bagian dari fasilitas penyedia lapangan futsal.

  • Persiapkan fisik

Meski lebih kecil ukurannya, banyak testimony yang mengatakan bermain futsal tidak kalah melelahkannya dibanding sepak bola. Bahkan banyak juga yang mengatakan lebih cape daripada bermain sepak bola. Itu wajar memang. Meski ukuran lapangan lebih kecil tapi mobilitasnya lebih tinggi. Olah raga ini menuntut anda bolak balik maju ke gawang lawan dan mundur untuk bertahan. Dan itu dilakukan dalam tempo yang cepat dan terus menerus. Konstan. Jadi benar – benar menguras energi. Jadi, persiapkan fisik anda jangan sampai anda kedodoran. Lakukan secara bertahap. Dan bila sedang bermain, anda sudah sangat kelelahan, jangan memaksakan diri. Berhenti saja, istirahat dulu.

  • Pelajari teknik dasarnya

Tentu saja ini sangat perlu dilakukan. Apalagi jika anda belum pernah bermain sepak bola sebelumnya.Untuk yang biasa bermain sepak bola mungkin proses penyesuainnya lebih cepat.

See also  Harga Skateboard yang Tepat Untuk Pemula

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More