Home Tips Perlengkapan Tambahan Alat Pancing yang Wajib Kalian Miliki

Perlengkapan Tambahan Alat Pancing yang Wajib Kalian Miliki

by Beverley Kennedy
Perlengkapan Tambahan Alat Pancing yang Wajib Kalian Miliki

Alat Pancing – Memancing adalah salah satu hobi yang dilakukan dengan kesabaran dan biasanya dilakukan di tempat yang tenang dengan membawa alat pancing. Memancing biasanya dilakukan di tempat-tempat yang tenang karena biasanya memancing dilakukan untuk menghilangkan stres, namun sekarang sudah ada fasilitas tempat pemancingan dengan berbagai macam jenis ikan. Dan biasanya juga tempat pemancingan menyediakan alat pancing seperti stick yang dilengkapi dengan reel, senar, dan kail. Untuk umpannya membeli di tempat pemancingan tersebut untuk para pemula, atau pemancing yang tidak memilikinya.

Perlengkapan Tambahan Alat Pancing yang Wajib Kalian Miliki

Biasanya, yang diketahui oleh pemancing untuk alat-alatnya adalah stick yang dilengkapi dengan reel, kail, umpan, dan senar. Terlebih lagi alat tersebut memang sudah disediakan di tempat pemancingan. Cukup sederhana tetapi alat itu memang sangat penting untuk memancing. Ada beberapa perlengkapan tambahan untuk memancing selain beberapa alat sebelumnya, antara lain;

  1. Pelampung. Digunakan sebagai tanda jika ada ikan yang mendekat atau terjebak pada kail yang sudah diberi umpan sebelumnya. Jika terdapat ikan yang terjebak, maka pelampung itu akan tenggelam. Jika belum ada ikan yang terjebak, maka pelmapung itu mengapung di atas permukaan air dengan mengikuti pergerakan air.
  2. Kili-kili. Berfungsi sebagai pencegah senar alat pancing untuk kusut pada saat digunakan. Biasanya juga digunakan agar senar tidak mudah putus saat ditarik ulur sewaktu digunakan.  
  3. Peniti atau snap. Berfungsi sebagai alat untuk menyambungkan senar dengan kail tanpa perlu senar dililitakan secara langsung ke kailnya. Dan juga sebagai tempat untuk menaruh pelampung. Peniti digunakan untuk menghemat senar karena tanpa perlu memotong senar jika ingin mengganti kail dan pelampung. Caranya, ujung senar yang akan dikaitkan dengan kail, dipasangkan ke peniti, dan pada ujung lain dari peniti, dipasangkan kail.
  4. Timah. Digunakan sebagai pemberat pada alat pancing. Agar mempermudah pada saat kail dan umpan dilemparkan dan langsung mengenai target yang diinginkan. Biasanya digunakan pada saat memancing di tempat yang memiliki gelombang dan arus air yang cukup besar.
  5. Tas pancing. Sebagai pelengkap perlengkapan alat memancing. Digunakan untuk tempat menyimpan stick beserta perlangkapan dan cadangannya.
  6. Kotak pancing. Digunakan sebagai tempat penyimpanan segala macam perlengkapan memancing dengan dilengkapi kubikel-kubikel di dalamnya untuk memisahkan antar-alat memancing lainnya. Kotak ini selalu dibawa pada saat memancing.
  7. Box ice. Digunakan sebagai tempat untuk menaruh hasil tangkapan memancing yang di dalamnya terdapat es untuk menjaga kesegaran ikan yang baru saja di tangkap.

Alat pancing pada awalnya hanya sebuah tongkat panjang yang dilengkapi dengan senar, kail dengan umpan. Sesuai dengan perkembangan zaman, alat memancing ini dilengkapi dengan beberapa perlengkapan untuk mempermudah untuk memancing. Dengan adanya gulungan senar pada reel yang bisa ditarik ulur sesuai dengan keinginan dan jarak target yang diinginkan.

See also  Harga Skateboard Sesuai dengan Model dan Merek Skateboard

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More