Home Aneka Hobi Perkembangan Balita Usia 4-5 Tahun

Perkembangan Balita Usia 4-5 Tahun

by Beverley Kennedy

Setiap balita memiliki perkembangan yang berbeda-beda, namun para orangtua harus memiliki acuan mengenai tahap perkembangan balita yang baik agar bisa memantau apakah si kecil sudah mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang sesuai, ataukah ada yang perlu diberikan stimulus untuk merangsang tumbuh kembang si kecil. Dan berikut ini adalah tahap perkembangan pada balita usia 4-5 tahun dari berbagai aspek:

Perkembangan Sosial dan Emosional

Pada masa ini, balita akan mulai banyak bermain dengan orang lain atau balita lain. Balita juga akan mulai belajar memahami perasaan orang lain sehingga mampu mengembangkan rasa simpati. Balita juga mulai memiliki mainan favorit yang melibatkan imajinasi dan fantasi. Untuk lebih meningkatkan perkembangan pada aspek ini, ada baiknya orangtua mengajak anak untuk bermain peran, seperti menjadi dokter, superhero, guru, da lain sebagainya. Hal ini akan lebih meningkatkan daya pikir serta imajinasi anak.

Pemahaman

Usia 4-5 tahun merupakan tahun akhir seorang anak ada pada tahapan masa balita, jadi jangan heran jika si kecil mulai banyak bertanya serta mulai memahami banyak hal baru. Orangtua jangan lantas kesal jika anak banyak bertanya, karena hal tersebut tanda bahwa anak mengalami perkembangan yang baik. Jawab pertanyaan anak dengan cara yang baik, apabila tak memiliki jawaban, maka orangtua bisa mengajak anak untuk mencari jawaban tersebut bersama-sama.

Perkembangan Fisik

Pada usia 4-5 tahun, perkembangan balita secara fisik akan cukup signifikan. Si kecil akan mulai memiliki beragam kemampuan seperti berlari, menangkap, elempar, melonca, naik pohon, ke kamar mandi sendiri, memakai baju sendiri, dan lain sebagainya. Orangtua pun harus sigap untuk mengakomodir perkembangan ini dengan mengajak anak melakukan beragam kegiatan.

Perkembangan Bahasa

READ  Macam-macam Alat Musik Gesek Lengkap dengan Pengertiannya

Pada usia akhir masa balita ini, bahasa serta gaya bicara si kecil juga akan mengalami perkembangan yang pesat, maka jangan heran apabila si kecil akan senang berbicara tentang segala macam hal, baik itu bertanya, bercerita, atau menanggapi sesuatu. Pada periode ini, si kecil juga akan banyak menertawakan sesuatu yang baginya lucu dan konyol, ia juga mulai sering benyanyi lagu-lagu yang disukainya.

Bagi orangtua yang balitanya memasuki usia 4-5 tahun, orangtua harus bisa menciptakan lingkungan yang nyaman untuk anak. Ajak anak untuk meceritakan kegiatannya dan jadilah pendengar yang baik untuk setiap hal yang diceritakan oleh anak. Pada tahap perkembangan balita usia 4-5 tahun ini, ibu juuga sudah bisa memberikan mainan yang berhubungan dengan hobinya. Pada tahap ini mungkin akan menjadi masa yang melelahkan bagi orangtua dan menyita banyak energi, namun periode ini juga merupakan masa yang menyenangkan. Oleh karena itu, ayah dan ibu harus betul-betul mendampingi si kecil, karena masa-masa menyenangkan ini tak akan terulang kembali.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More