Home Aneka Hobi Perkembangan Balita Normal 18 Bulan

Perkembangan Balita Normal 18 Bulan

by Beverley Kennedy

Usia 18 bulan merupakan waktu yang tepat untuk menilai apakah perkembangan balita Anda normal atau tidak. Anda bisa menggunakan beberapa indikator di bawah ini untuk menilai perkembangannya.

Sosialisasi

Balita 18 bulan sudah mengenal orang-orang yang berada di sekitar lingkungannya, terutama mereka yang ada di rumah, seperti nenek, kakek, kakak, adik, dan tentu saja ayah dan ibunya. Bentuk sosialisasi pada masa ini biasanya berupa meminta tolong saat mengalami kesulitan dan memberi pelukan dan ciuman kepada orang yang dikenalnya dengan akrab.

Motorik kasar balita

Perkembangan motorik kasar pada balita 18 bulan bisa diperhatikan dengan sangat jelas. Perkembangan balita Anda dikatakan normal jika dia sudah bisa berlari kencang dan seimbang, duduk di kursi sendiri, mengambil dan melempar suatu benda, dan mampu naik ke lantai 2 melalui tangga.

Motorik halus balita

Coba beri balita 18 bulan Anda mainan kayu seperti balok kayu dan puzzle kayu. Jika balita Anda bisa menyusun semacam bangunan atau menara dan menyusun puzzle dengan baik, maka perkembangan balita Anda pada saraf motorik halusnya berjalan dengan baik.

Bayi sudah bisa mengucapkan beberapa kata dengan jelas

Pada usia 18 bulan, balita umumnya sudah bisa mengucapkan beberapa kata dengan jelas dan fasih. Dia juga sudah mampu menerima dan memahami ajakan atau perintah yang diberikan kepadanya, seperti meminta tolong Si Kecil untuk mengambilkan benda-benda kecil dan ringan seperti bantal.

Rata-rata berat dan tinggi badan balita 18 bulan

Jika Anda rajin menghitung tinggi dan bobot badan balita Anda sejak bayi, pasti akan lebih mudah memantau perkembangan balita Anda. Pada usia 18 bulan ini, balita tidak banyak mengalami perubahan pada tubuhnya, baik tinggi maupun berat badannya, karena usia ini termasuk usia stabil. Pada usia ini, rata-rata balita akan memiliki bobot sekitar 11 kg untuk perempuan dan 11,5 sampai 12 kg untuk laki-laki. Untuk tinggi badan, rata-rata balita perempuan akan memiliki tinggi 80 cm dan laki-laki 82 cm.

Kesehatan balita 18 bulan

READ  Harga Gitar Elektrik Les Paul

Sesuai dengan rekomendasi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), pada usia ini balita Anda seharusnya sudah mendapatkan imunisasi DTP (Difteri, Tetanus, Pertusis) dosis ke-4. Ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan karena balita pada usia ini biasanya rentan terhadap penyakit pilek, infeksi dan gangguan saluran pernapasan atas, infeksi pada bagian dalam telinga, dan gangguan pencernaan. Selain itu, beberapa tindakan di bawah ini bisa Anda lakukan agar perkembangan balita Anda normal dan kuat dalam menghadapi penyakit.

  • Berikan ASI hingga 2 tahun karena ASI merupakan gizi yang paling lengkap untuk bayi.
  • Beri imunisasi secara teratur.
  • Hindarkan balita Anda dari zat-zat berbahaya seperti asap rokok, orang yang sakit menular, dan polusi udara.
  • Ajari bayi Anda untuk mencuci tangan sendiri sebelum makan atau sesudah bermain.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More