Home Tips Perhatikan Hal Berikut Saat Belajar Menggambar

Perhatikan Hal Berikut Saat Belajar Menggambar

by Beverley Kennedy
Perhatikan Hal Berikut Saat Belajar Menggambar

Sebagian orang, pasti senang sekali dengan kegiatan yang satu ini, bahkan dijadikan sebagai hobi. Apalagi kalau bukan menggambar. Kegiatan ini memungkinkan orang untuk membuat objek berupa gambaran. Banyak juga orang-orang yang belajar menggambar karena senang dengan gambar-gambar atau ingin bisa menggambar.

Perhatikan Hal Berikut Saat Belajar Menggambar

Menggambar merupakan ungkapan realisasi linear objek visual sebagai seni grafis. Objeknya bisa berupa bentuk, baik menyerupai objek nyata, fantasi bahkan abstrak. Unsurnya pun lebih personal, karena dibuat oleh individu dengan tangannya sendiri. Banyak yang menilai bahwa menggambar itu mudah, meskipun tak jarang orang-orang juga belajar menggambar karena merasa tidak bisa dan susah diaplikasikan.

Dalam menggambar, objek gambarnya bisa bebas menyerupai apa saja. Meskipun begitu, ada juga gambar-gambar yang sangat tergantung pada kemampuan teknis dan dasar seni untuk menentukan kualitas gambar yang dihasilkan. Sebab itulah, banyak orang yang belajar menggambar untuk menghasilkan gambar yang berkualitas dan berdaya seni.

Dalam menggambar, perlu diperhatikan beberapa hal agar gambar yang dihasilkan bagus dan bernilai seni. Jika Anda tertarik untuk menggambar dan menghasilkan gambar yang bagus, beberapa teknik ini bisa diterapkan pada proses menggambar Anda.

Dasar Seni

Sebelum Anda belajar menggambar agar menghasilkan gambar berkualitas, Anda harus tahu juga bahwa sebuah gambar merupakan dasar dari sebuah seni. Sebuah gambar akan tergantung pada jenis seni yang lainnya. Seperti gambar arsitektur, yang berisi gambar-gambar bangunan, itu berarti gambar tersebut merupakan dasar untuk konstruksi bangunan. Atau gambar sketsa, itu juga adalah dasar dari sebuah seni hasil lukisan. Jika Anda akan mulai menggambar, pikirkan terlebih dahulu seni apa yang akan dihasilkan dari gambar Anda.

Wahana Menggambar

Sebelum Anda memulai proses menggambar, tentu Anda harus siapkan alat atau wahana untuk menemani proses menggambar. Gambar bisa diproduksi dengan berbagai macam instrumen seperti tinta, pena, kapur, krayon, atau bisa juga mengandalkan krayon lilin, atau spidol. Anda juga harus menyiapkan kertas atau media lainnya sebagai alat dasar atau alas dari gambaran Anda.

Jenis dan Kategori Gambar

See also  Tips Liburan Hemat

Ini perlu juga Anda perhatikan. Sebelum menggambar, Anda harus tentukan objek apa yang akan Anda gambar. Konsepkan dulu objeknya. Lalu Anda bisa masuk pada tahap pengategorian dasar gambar. Anda bisa memulai proses menggambar dengan gambar santai terlebih dulu seperti membuat sketsa atau coretan-coretan, lalu kemudian pada tahap persiapan dengan membuat bentuk jelas objek, bisa dengan melakukan pewarnaan atau penebalan. Setelah itu baru Anda bisa perhatikan hasil gambar Anda apa sudah sesuai dengan grafis yang diinginkan.

Selain itu, ketika Anda ingin belajar menggambar, tentu Anda perlu juru gambar atau seseorang yang ahli menggambar untuk menemani dan mengajari Anda menggambar. Anda bisa meminta bantuan pada seorang seniman, arsitek, atau orang-orang yang menurut Anda pandai menggambar

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More