Home Tanaman Perawatan Tanaman Bonsai Yang Harus Diketahui

Perawatan Tanaman Bonsai Yang Harus Diketahui

by Beverley Kennedy
Perawatan Tanaman Bonsai Yang Harus Diketahui

Tanaman ini bila sudah jadi, dalam arti siap tampil, memang sangat indah. Mempunyai nilai seni yang tinggi. Dan tentu saja mempunyai nilai ekonomis yang tinggi juga. Hal ini memang sangat wajar, karena tanaman bonsai tidak didapatkan dalam proses sehari dua hari atau seminggu. Perlu proses panjang untuk dapat membentuk tanaman ini. Proses yang melalui tahapan perawatan yang memerlukan tidak saja ilmunya tapi ketelatenan yang luar biasa. Untuk perawatannya sendiri memang ada beberapa perawatan tanaman bonsai yang harus diketahui bila anda ingin mencoba menekuni hobi ini. Tapi jangan takut, prosesnya sebanding kok dengan hasilnya.

Perawatan Tanaman Bonsai Yang Harus Diketahui

Tanaman bonsai sebenarnya tanaman biasa tapi hanya dikerdilkan dan dibentuk supaya memenuhi unsur keindahan. Jadi bukan jenis tanaman. Untuk menggeluti hobi ini sebenarnya ada satu kunci yang paling utama yang harus anda penuhi yaitu sabar dan telaten. Karena kalau masalah caranya sebenarnya biasa saja, kalau ada perbedaan pun, sedikit saja dengan cara menanam tanaman biasa. Dan hal itu bisa anda dapatkan dengan banyak sharing dengan orang yang lebih dulu menggeluti hobi ini. Tapi balik lagi tanpa kesabaran dan ketelatenan, akan sulit bagi anda untuk menggeluti hobi ini. Anda bayangkan untuk membentuk tanaman bonsai itu memerlukan waktu berbulan – bulan bahkan tahunan.

  • Penyiraman

Seperti hal tanaman pada umunya, tanaman bonsai juga memerlukan air untuk bertahan hidup. Air yang digunakan untuk menyiram adalah air yang jernih, bersih dan tidak berbau untuk mendapatkan hasil yang optimal. Ketika melakukan penyiraman, pastikan air keluar atau merembes keluar melalui lubang pot dibawah. Kalau sampai tersumbat akan menyebabkan pembusukan akar. Tapi jangan juga berlebihan, jangan terlalu lembab, karena akan menyebabkan penyakit.

  • Pemupukan

Pemberian pupuk sangatlah penting karena untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tanaman. Tapi mungkin yang takarannya saja yang berbeda, karena tujuannya untuk dikerdilkan. Jangan sampai terlalu subur tapi juga jangan sampai kekurangan nutrisi.

  • Penggantian pot

Hal ini lakukan untuk mengakomodir pertumbuhan dari tanaman.

  • Penyiangan

Maksdunya adalah membersihkan dari tanaman pengganggu, seperti rumput liar dan yang lainnya.

  • Penggantian media tanam

Hal ini bisa dilakukan beberapa bulan sekali dengan sekaligus membersihkan akar dan mengganti pot.

  • Pelepasan dan penggantian kawat

Penggunaan kawat digunakan untuk membentuk tanaman sesuai dengan keinginan. Dilepas dan diganti bertujuan agar menghidari bekas lilitan.

  • Pemangkasan

Hal ini untuk menjaga bentuk agar tetap sesuai dengan yang diinginkan.

  • Penjemuran

Ini penting dilakukan karena memang pada dasarnya tanaman membutuhkan sinar matahari. Tapi mungkin yang harus disesuikan adalah durasinya berdasarkan usia tanaman.

  • Pembasmian hama

Insektisida bisa menjadi opsi untuk hal ini.

READ  Jenis Tanaman Aquascape Bagi Pemula

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More