Home Tips Peralatan Wajib yang Harus Ada dalam Permainan Olahraga Bass Ball

Peralatan Wajib yang Harus Ada dalam Permainan Olahraga Bass Ball

by Beverley Kennedy

Masyarakat Indonesia tentu tidak asing dengan jenis permainan bola kasti yang sering dimainkan dalam beberapa pertandingan olahraga. Tetapi olahraga tersebut lebih dikenal dengan bass ball yang umumnya dimainkan oleh 2 tim. Misi dari permainan ini satu tim yang menjadi pemukul bola akan dihalangi oleh tim lainnya dengan menangkan bola yang telah dilemparnya dan kena salah satu pemain dari tim lawan. Makanya dalam permainan itu ada yang disebut dengan pitcher atau pelempar dan ada juga yang disebut dengan butter atau pemain dari pemukul bola dengan menggunakan tongkat tersebut.

Jika dalam masyarakat umumnya memang permainan bola kasti sangatlah sederhana tanpa peralatan yang memadai. Tetapi jika Anda sudah masuk dalam permainan seorang atlit tidak bisa menggunakan peralatan yang kurang safety. Hal itu tentu saja akan membahayakan pemain dan juga menghasilkan permainan yang tidak bagus. Maka dari itu, berikut ini ada beberapa perlengkapan dalam permainan kasti yang wajib ada saat pertandingan yaitu:

  • Pemukul.

Alat pemukul bola yang disebut juga dengan bat, alat tersebut mempunyai bentuk bulat. Lalu mempunyai panjang kurang lebih 86 cm dengan diameter 7 cm. Untuk bagian pegangannya juga bisa dibalut kurang lebih dengan ukuran 40 cm.

  • Bola.

Anda tidak bisa sembarangan menggunakan bola dalam permainan bola kasti, hal ini tentu akan berimbas pada permainan Anda. Umumnya jika Anda melihat pertandingan bass ball tersebut bola yang digunakan mempunyai warna putih dan ada jahitan merah yang melingkari. Untuk bahannya sendiri terbuat dari kulit, tetapi ada juga yang dijual dengan bahan dasar sintetis.

  • Sarung tangan.

Semua pemain dalam setiap tim saat pertandingan bola kasti pasti akan menggunakan sarung tangan yang terbuat dari kulit asli. Dari semuanya jenis tugas yang diterima tentunya mempunyai bentuk atau jenis sarung tangan yang berbeda pula, baik untuk catcher, pitcher, atau lainnya.

  • Sepatu.
See also  Wisata Kuliner Seru di Bandung

Pemilihan sepatu yang tepat juga tidak bisa sembarangan, harus menggunakan kulit asli atau sejenisnya yang mempunyai tekstur lembut. Untuk bagian solnya bisa memilih yang rata atau berpahat sesuai dengan kenyamanan Anda.

  • Pelindung catcher.

Lalu yang tidak boleh ketinggalan adalah berbagai alat yang digunakan untuk melindungi beberapa bagian tubuh catcher, mulai dari masker, body protektor, leg guard atau lainnya.

Perlindungan diri saat melakukan aktivitas berbagai jenis olahraga sangatlah penting, tidak heran jika banyak orang yang mencari berbagai perlengkapan olahraga dengan tepat. Jadi pada intinya keselamatan para pemain dalam berbagai pertandingan olahraga merupakan sesuatu yang sangat krusial. Apalagi dalam permainan bass ball yang identik dengan memukul ataupun melempar bola yang rawan melukai kondisi tubuh Anda jika tidak menggunakan alat secara lengkap dan tepat.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More