Home Aneka Hobi Peralatan Panjat Tebing Grigi

Peralatan Panjat Tebing Grigi

by Beverley Kennedy

Dalam dunia panjat tebing adalah Apa itu Grigri? Adalah sebuah peralatan panjat tebing yang membantu untuk mem-belay (melakukan pengamanan kepada) pemanjat dengan pengereman terpadu untuk tali kernmantel 8.9 hingga 11mm. Dengan menggunakan Grigri, manuver ketika sedang melakukan belay dapat dilakukan. Dan juga, alat panjat ini cocok untuk digunakan bagi pendaki leader yang lebih dulu memanjat dan akan mengamankan pemanjat selanjutnya. Dengan demikian, proses saling mengamankan sesama pemanjat terjamin keamanannya.

Peralatan panjat tebing ini dapat digunakan untuk ukuran tali dari 8,9 hingga 11 mm utuk tapi dinamis, yang lazim digunakan dalam pemanjatan. Dengan demikian, peralatan yang ringan ini bisa kamu gunakan dimanapun kamu memanjat. Lalu bagaimana cara kam menggunakan Grigri? Bagi mereka yang belum terbiasa menggunakan Grigri, tentu akan merasa canggung dalam menggunakannya. Berikut beberapa cara yang di tuliskan dalam website resmi Petzl mengenai tata cara penggunaan Grigri,

  1. Untuk memberikan jarak yang cukup untuk untuk pemanjat bergerak, belayer melangkah maju ke depan akan cukup memberikan ruang yang diperlukan oleh pemanjat.
  2. Selalu memegang sisi tali untuk mengerem tali.
  3. Memegang tali dengan setidaknya tiga jari, jari telunjuk memegang grigri dan ibu jari menekan cam.

    Baca Juga: Mengenal Peralatan Panjat Tebing beserta Fungsinya

Gerakan ini dilakukan secara serta merta. Setelah pemanjat siap, tangan belayer sudah berada pada posisi utama belaying. Peralatan panjat tebing grigri ini bukan alat yang otomatis terkunci, dan jika di perhatikan lebih, alat ini tidak mengikat tali dengan ukuran yang kecil dan akan membiarkan tali melewati grigri dengan tanpa gesekan yang berarti. Dengan tetap memperhatikan leader memanjat, belayer terus memberikan uluran tali sehingga pemanjat leader terus menaikkan ketinggian menuju pitch yang dituju. Dengan demikian, ketinggian yang di harapkan akan didapat akan tercapai. Dikala pemanjat leader telah mencapai ketinggian yang disepakati, maka kini belayer akan memanjat dan mencapai ketinggian leader berada.

Berbeda dengan pemanjatan dahulu, alat yang biasa digunakan untuk belaying, figure 8, tidak memiliki sistem pengereman seperti yang dimiliki grigri. Dengan adanya cam, grigri lebih aman untuk digunakan dalam pemanjatan. Dengan kesadaran bahwa olahraga panjat tebing adalah olahraga yang penuh dengan resiko dan berhubungan dengan nyawa, maka alat-alat yang termutakhirkan perlu untuk terus di ketahui dan digunakan. Yang terpenting untuk dilakukan adalah tetap fokus pada pemanjat yang sedang melakukan pemanjatan. Karena lengah sedikit akan berakibat pada hilangnya nyawa atau memperbesar resiko kecelakaan. Tentu hal tersebut tidak ingin di dapat oleh para pemanjat ketika sedang melakukan panjat tebing.

Mudah-mdahan ulasan singkat mengenai alat panjat tebing Grigri ini bisa memberikan pengetahuan yang cukup bagi para pemanjat dan mereka yang ingin menggeluti olahraga panjat tebing.

READ  Ini Dia Manfaat yang Bisa Didapatkan dengan Anda Mempunyai Kebiasaan Membaca

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More