Home Tips Pemula Wajib Tahu Macam-macam Alat Pancing Berikut!

Pemula Wajib Tahu Macam-macam Alat Pancing Berikut!

by Beverley Kennedy
Pemula Wajib Tahu Macam-macam Alat Pancing Berikut!

Alat Pancing – Untuk yang memiliki hobi memancing, tentunya tidak asing lagi dengan peralatan pancing, alat pancing yang selalu dibawa saat memancing. Alat pancing saat ini sudah banyak tersedia di toko khusus untuk memancing. Banyak sekali macam peralatannya yang dibutuhkan untuk memancing. Karena memancing merupakan salah satu hobi yang memerlukan kesabaran, namun juga penghilang rasa stres karena biasanya dilakukan disekitaran danau atau di pinggir sungai yang sepi, tenang. Tetapi ada juga fasilitas pemancingan yang menyediakan kolam berisi berbagai macam ikan di dalamnya tanpa perlu mendatangi danau maupun sungai.  Biasanya kegiatan ini dilakukan secara sendiri-sendiri.

Pemula Wajib Tahu Macam-macam Alat Pancing Berikut!

Terdapat beberapa macam-macam alat pancing yang selalu dibawa saat memancing oleh pemula dan profesional, antara lain;

  1. Alat pancing yang selalu dibawa oleh pemancing banyak sekali macamnya. Tetapi yang selalu dibawa ialah yang jenis stick atau yang sering disebut joran. Alat ini adalah alat yang wajib dimiliki oleh setiap pemancing. Alat ini memiliki rol atau yang disebut dengan reel pada bagian pangkal yang terletak di sebelum pegangan tangan.
  2. Senar. Alat utama untuk memancing. Digunakan sebagai alat yang menghubungkan stick dengan timah (kail) dan pelampung. Senar yang digunakan juga khusus untuk memancing. Berbeda dengan senar pada umumnya.
  3. Kail atau hook. Digunakan untuk menangkap ikan yang mana dikail tersebut diletakkan umpan untuk menarik ikan dengan memakan umpan, setelah itu mulut ikan akan mengenai kail dan biasanya ikan tidak mudah melepaskan kail dari mulutnya.
  4. Pelampung. Digunakan sebagai penanda untuk ikan sudah memakan umpan dan terjebak pada kail atau belum. Biasanya ditandai dengan naik turunnya pelampung jika ikan sudah terjebak pada kail. Jika belum, maka pelampung tersebut masih mengapung di atas permukaan air dan mengikuti pergerakan permukaan air.
  5. Kili-kili. Suatu alat pelengkap yang digunakan untuk mencegah senar mengalami kusut karena adanya pergerakan dari ikan yang ditangkap.
  6. Snap atau peniti. Digunakan sebagai penyambung antara kail dengan senar dan biasanya pelampung juga disematkan ke dalamnya. Memudahkan untuk melepaskan dan memasangkan kail dengan senar.
  7. Timah. Sebagai alat pemberat pada alat pancing agar saat kail dilemparkan langsung mengenai sasaran tanpa adanya gangguan dari pergerakan air.
See also  Manfaat Dan Kriteria Tanaman Hias Di Dalam Ruangan

Semua alat tersebut dimasukkan ke dalam tas pancing untuk menyimpan semua alat memancing serta cadangannya tanpa perlu bersusah payah untuk membawanya. Lalu kotak pancing. Kotak pancing ini berisi mulai dari senar hingga timah yang dimasukkan ke dalam suatu kotak dan di dalam kotak tersebut sudah dipisahkan dengan kubikel-kubikel untuk memperbudah peletakkan alat-alatnya. Kemudian tempat untuk menyimpan ikan yang sudah ditangkap. Ice box. Ice box ini terdapat es di dalamnya untuk memungkinkan ikan masih dalam keadaan segar.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More