Home Tanaman Pembuatan Aquascape Murah dan Mudah Bagi Pemula

Pembuatan Aquascape Murah dan Mudah Bagi Pemula

by Caswitin
cara membuat aquascape

Aquascape adalah salah satu seni mendekorasi pemandangan dalam akuarium ikan dengan cara memberikan aksesoris atau barang yang banyak diminati oleh para pecinta hewan air. Uniknya, dalam aquascape ini tak hanya sekedar meletakkan tanaman-tanaman bawah air, batuan atau kayu-kayuan, tetapi juga menuntut estetika seni, ketelatenan dan kesabaran yang tinggi. Cara membuat aquascape memang cukup rumit bagi pemula, namun ada beberapa hal yang dapat anda lakukan bagaimana cara membuat aquascape murah meriah dan sederhana.
Fungsi aquascape sebenarnya hampir sama dengan akuarium pada umumnya. Namun jika diletakkan di aquascape, anda dapat melihat ikan atau hewan air kesayangan dapat berenang dengan bebas dan nyaman di antara bebatuan dan tanaman layaknya di habitat aslinya.

Sebelum memulai cara membuat aquascape, anda harus dipastikan terlebih dahulu ukurannya, karena aquascape sendiri mempunyai jenis dan ukuran yang bermacam-macam. Selanjutnya, anda harus menyiapkan beberapa komponen dan bahan yang perlu diperhatikan. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat aquascape sederhana dan murah yaitu: akuarium, pupuk, pasir, bebatuan, tanaman hias aquascape, filter, diffuser CO2, dan lampu.

Setelah seluruh alat dan bahan telah terkumpul, anda sudah bisa memulai untuk membuat aquascape dengan cara yang mudah, sederhana, dan murah. Berikut cara membuat aquascape untuk pemula yang dapat anda lakukan, yaitu:

1. Bahan atau Komponen Aquascape

Sebelum anda mengetahui cara membuat aquascape yang mudah dan murah bagi pemula ada beberapa kompenen atau bahan yang harus dipersiapkan, diantaranya; akuarium, pupuk dasar atau pupuk cair, tanaman, ikan, bebatuan filter, lampu, pasir silica, dan CO2. Setelah semua kompenen atau bahan telah disiapkan, selanjutnya anda dapat membuat aquascape dengan kreasi yang diinginkan.

READ  Beberapa Jenis Lampu Aquascape Untuk Mempercantik Aquarium Kalian

2. Membentuk Akuarium

Setelah mempersiapkan akurium, cara membuat aquascape yang selanjutnya yaitu membentuk akuarium dengan langkah mengatur bagian dasar aquascape. Taburkan pasir halus di bagian dasar dengan ketinggian 2-3 cm. Jenis pasir yang biasa digunakan yaitu pasir silica, namun bila anda ingin menggunkan pasir lainya juga tak masalah. Usahakan pasir tersebut dibentuk dengan pola lekukan menonjol pada bagian tengahnya dan lebih tinggi di bagian sampingnya. Fungsi bagian lekukan itu, nantinya diisi pupuk sehingga tak akan terlihat dari samping. Untuk ukuran akuraium sendiri tergantung selera masing-masing. Jika anda ingin membuat aquascape yang kecil, anda bisa mempersiapkan akuarium yang kecil pula. Namun lebih baik jika anda membuat akuarium besar sehingga tampilannya akan semakin menarik dan mempesona.

3. Memberi Pupuk

Setelah menata pasir di bagian dasarnya, cara membuat aquascape selanjutnya masukanlah pupuk di atas pasir pada bagian lekukan (bagian tengah), sehingga pupuk tersebut tak tampak jika dipandang dari samping. Untuk ketebalan pupuknya kira-kira 2-3 cm, upayakan jangan sampai terkena ujung kaca supaya tidak terlihat dari luar. Jika pupuknya sudah dimasukan, kemudian tutup kembali dengan pasir agar pupuknya tidak kelihatan. Fungsi pemberian pupuk tersebut untuk nutrisi bagi tanaman yang akan dipakai. Pastikan menggunakan pupuk kualitas terbaik. Pemberian pupuk pada pembuatan aquascape hanya untuk tanaman yang punya akar. Kalau tanaman yang kita pilih tak memiliki akar (menyerap nutrisinya lewat daun), maka tak perlu memberikan pupuk. ini bisa dihilangkan untuk menghemat biaya anda. Oleh karena itu, buatlah tampilan yang cantik sesuai kreativitas anda agar enak dipandang.

4. Membuat Hardscape

Cara membuat aquascape untuk pemula selanjutnya yaitu membuat hardscape dengan cara menambahkan hiasan berupa bebatuan, kayu, dan aksesoris lainya yang telah anda siapkan untuk membentuk aquascape yang menarik. Penataan batu, kayu, dan aksesoris lainya harus dilakukan dengan baik agar ketika ditambahkan tanaman hasilnya akan seperti yang anda harapkan. Jadi, tidak boleh sembarangan dalam menata hardscape. Bila anda ingin membentuk efek kedalaman, kamu bisa membuat pasir yang ada di bagian belakang lebih tinggi daripada yang ada di depan. Waktu yang diperlukan dalam penataan ini akan memerlukan cukup banyak waktu. Apabila dalam penataannya anda melakukan kesalahan, tentu akan membuat ulang terkait dengan tata letak aksesorisnya. Untuk itu, perhatikan secara cermat dan berhati-hati dalam menatanya.

READ  Tips Dan Cara Berkebun Cabai

5. Masukkan Tanaman

Langkah selanjutnya yaitu memasukkan menanam. Hal ini dapat anda lakukan lakukan sebelum akuarium diisi air. Namun lebih baik jika diisi air seperempat bagian terlebih dahulu. Untuk memasukan airnya harus secara perlahan dengan menggunakan bantuan saringan atau alat khusus agar kucuran airnya tidak merusak dekorasi pasir dan pupuk anda buat. Tanam satu persatu tumbuhan yang sudah disiapkan. Namun, perlu diingat selama proses penanaman ini, lakukan juga penyemprotan pada tanaman yang tidak terkena air atau tanaman yang berukuran besar agar daunnya tidak rusak dan layu. Tunggu terlebih dahulu sekitar 2 minggu, agar kandungan amonia di dalam air hilang. Jika anda langsung memasukkan hewan ke dalam aquascape ikan-ikan mati karena masih adanya kandungan amonia yang tinggi.

6. Isi dengan Air

Langkah selanjutnya mengisi aquascape dengan air. Kurang lebih prosesnya sama dengan yang sebelumnya, masukkanlah air secara perlahan supaya tumbuhan yang sudah dipasang dan tananan pasir tidak menjadi rusak. Ketika air di aquascape sudah cukup, anda bisa membuang airnya kembali kurang lebih 70% dengan tujuan untuk membuang beragam zat yang dirasa berbahaya, baik berasal dari batu, pasir, maupun komponen laiunya kemudia baru anda isi kemabali hingga penuh. Warna air pertama kali sering nampak keputihan atau kusam. Namun, anda tak perlu risau, penyebab kusamnya warna air tersebut merupakan bagian dari proses yang normal. Nantinya air di dalam akuarium akan menjadi jernih dalam beberapa hari kemudian karena mikroorganisme sudah bekerja untuk membantu dalam membersihkan air.

7. Gunakan Filter dan Perangkat Pendukung Lainnya

Terakhir, cara membuat aquascape untuk pemula yang harus dilakukan adalah memasang peralatan seperti outlet filter, peletakan diffuser CO2, pemasangan lampu (pencahayaan), dan peralatan lainnya. Outlet filter berguna untuk sirkulasi dan juga menyaring air dari kotoran. CO2 dan lampu sangat berguna untuk membantu proses fotosintesis tanaman aquascape. Untuk pencahayaan pastikan lampu hanya dinyalakan kurang dari 8-9 jam perhari. Anda harus mengatur pencahayaan lampu koloni alga tidak mengganggu kejernihan air dan pertumbuhan tanaman.

READ  Cara Merawat Tanaman Hias Agar Tumbuh Subur

Nah, itulah ulasan mengenai cara membuat aquascape murah dan mudah bagi pemula. Langkah-langkah tersebut, dapat anda coba di rumah. Semoga informasi ini membantu dan memberikan bermanfaat. Selamat Mencoba!

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More