Home Tips Pahami Beragam Alat Lukis ini untuk Menjadi Seorang Profesional

Pahami Beragam Alat Lukis ini untuk Menjadi Seorang Profesional

by Beverley Kennedy
Pahami Beragam Alat Lukis ini untuk Menjadi Seorang Profesional

Melukis merupakan salah satu bagian dari seni dan cukup banyak orang yang menyukainya. Di Indonesia sendiri, Anda bisa menemukan cukup banyak pelukis baik yang sudah terkenal sebagai seniman ataupun yang hanya berprofesi sebagai seniman jalanan. Bagi Anda yang ingin belajar seni lukis, sebaiknya mulailah dengan mengetahui macam-macam alat lukis.

Pahami Beragam Alat Lukis ini untuk Menjadi Seorang Profesional

Peralatan Lukis yang Harus Anda Ketahui

Tidak hanya memahami teori dan teknik melukis. Anda perlu juga memahami beragam alat lukis, lama kelamaan Anda bisa belajar menjadi seorang pelukis profesional. Peralatan melukis sendiri memang cukup banyak, agar Anda tidak bingung berikut adalah peralatan melukis yang perlu Anda ketahui sekaligus bagaimana fungsi dan kegunaannya.

Cat

Alat lukis yang satu ini merupakan alat inti dalam melukis kecuali jika Anda merupakan pelukis pasir. Cukup banyak jenis cat yang bisa Anda aplikasikan di kanvas atau media lainnya. Beberapa jenis cat yang bisa Anda gunakan diantaranya:

  • Cat air, yaitu cat yang berbahan dasar atau menggunakan air untuk pengencernya. Cat ini biasanya digunakan untuk melukis di atas kertas menggunakan kuas.
  • Cat minyak, ia berbahan dasar atau menggunakan minyak untuk mengencerkannya. Efek warna yang dihasilkannya lebih tajam dan tahan lama.
  • Cat akrilik, yaitu berbasis air dengan tekstur yang lebih pekat. Ia bisa digunakan untuk kanvas, kayu, maupun sterofoam.

Jenis cat lukis sebenarnya masih banyak diantaranya cat poster, cat tekstil, dan cat semprot.

Palet

Alat lukis ini digunakan seorang pelukis untuk mencampurkan cat sebelum diaplikasikan ke media lukis. Anda bisa memilih palet dengan bahan licin.

Kuas

Menggunakan kuas, Anda bisa mengaplikasikan cat ke atas kanvas dan membentuk objek maupun gambar yang ingin Anda lukis. Banyak pula seniman yang tidak menggunakan kuas melainkan media lain seperti jari tangan. Kuas sendiri memiliki beragam jenis, diantaranya:

  • Round brush atau lukis round sering digunakan oleh watercolorist. Ia berbentuk bulat sehingga saat digunakan akan membentuk garis tebal dan tipis. Ia cocok untuk melukis di kanvas besar menggunakan cat air.
  • Flat brush atau kuas datar, berbentuk ferrule yang datar, lurus, dan sedikit pipih serta persegi atau persegi panjang. Hasilnya berupa garis kontur lurus, biasanya untuk garis tepi berukuran kecil. Alat lukis yang satu ini masih dibagi lagi dalam beberapa jenis diantaranya Filbert brush, Kuas fan, Kuas MOP, Bright brush, Angel brush, dan Kuas rigger.
See also  Simak Beberapa Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Membeli Biola

Easel

Jika Anda masih awam, peralatan ini berupa papan dengan kaki yang digunakan untuk menjepit kanvas sehingga memudahkan Anda untuk melukis.

Media Lukis

Media merupakan hal penting dan harus ada saat Anda melukis. Pada alat lukis ini Anda bisa memvisualisasikan segala imajinasi atau gambar padanya. Beberapa media lukis yang bisa Anda gunakan adalah kanvas dan kertas.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More