Home Aneka Hobi Merawat Anjing Sakit Karena Cacingan

Merawat Anjing Sakit Karena Cacingan

by Beverley Kennedy

Merawat anjing sakit bisa menjadi sesuatu yang menakutkan, mendebarkan apalagi bagi Anda yang baru memelihara anjing. Jika anjing peliharaan Anda sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mengetahui penyakitnya dan cara tepat mengobatinya. Namun sayangnya masih banyak pemilik anjing yang menunda membawa anjing ke dokter.

Penyakit yang biasanya menyerang anjing adalah sakit perut . Berikut adalah cara mengatasi dan merawat anjing yang terkena sakit perut yang bisa Anda coba jika anjing peliharaan mengalami masalah yang sama.

Mengatasi Masalah Sakit Perut

Biasanya penyakit sakit perut karena cacing menyerang anak anjing yang masih kecil. Biasanya akan telihat gejalanya, seperti: kurus, lesu, lemah dn mencret. Namun penyakit ini bisa menyerang anjing yang sudah dewasa, Jika menyerang anjing yang masih kecil dn tidak segera diobati bisa mengakibatkan kematian.

Kekurangan Zat Makanan dan Kurang Darah

Ada beberapa jenis cacing yang menyerang anjing, diantaranya adalah cacing pita atau Toxocara canis dan cacing tambang atau Ancylostoma canis. Kedua jenis cacing tersebut sangat berbahaya. Hidup sebagai paraasit di usus halus, ia akan menghisap semua sari makanan yang masuk.

Akibatnya anjing kekurangan zat makanan dan darah sehingga lama kelamaan badannya akan kurus, lesu, perutnya membucit, kotorannya lunak dan berwarna hitam. Biasanya penyakit ini akan berakibat fatal jika menyerang anak anjing yang masih berumur 1-6 bulan.

Jika tidak diobati cacing terus berkembang biak di dalam usus halus. Larva telur akan mengikuti aliran darah menuju ke hati, paru-paru, lambung dan saluran pernapasan. Penyakit ini bisa mengakibatkan kematian karena saluran pernapasan anjing tersumbat oleh larva cacing.

Baca Juga: Cara Merawat Anjing Kampung dan Kelebihannya

Cara Mengobati

See also  Mengenal Paralayang

Cara mengobati penyakit ini harus menggunakan obat cacing yang digunakan oleh manusia, seperti: combantrin, upixon. Pemberian dosisnya cukup seperempat saja dari dosis yang biasanya diberikan untuk manusia. Pemberian obat disesuaikan dengan aturan yang ada pada label obat.

Jika obat yang digunakan berbentuk tablet, cara pemberiannya bisa langsung dimasukkan ke mulut anjing. Simpan kepingan tablet di belakang lidahnya, lalu katupkan mulut anjing.

Sedangkan jika obatnya berbentuk sirup atau tablet yang dibubukkan lebih gampang memberikannya, karena anak anjing suka dengan makanan yang manis-manis. Anda tinggal menyuapkannya.

Cara Pencegahan

Penyakit cacingan bisa dihindari, cara yang paling mudah dan sederhana adalah dengan disiplin merawat anjing, menjaga kebersihan tempat makan dan makanannya. Hindari anjing makan daging, ikan yang masih mentah ataupun makanan sisa yang sudah terkena bibit penyakit.

Selain cacing anak anjing juga beresiko terkena penyakit lainnya yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Jadi merawat anjing yang baik bisa dengan memeriksakan kesehatannya secara teratur ke dokter hewan atau klinik hewan. Jangan lupa untuk memberikan vaksin agar daya tahan tubuh anak anjing lebih kuat dan mencegah terkena penyakit.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More