Home Tips Menjahit Rok Tutu Sederhana untuk Anak Tercinta

Menjahit Rok Tutu Sederhana untuk Anak Tercinta

by Beverley Kennedy
Menjahit Rok Tutu Sederhana untuk Anak Tercinta

Rok tutu atau yang disebut juga dengan rok balet merupakan salah satu pakaian yang digunakan untuk menari balet ataupun untuk datang ke acara formal. Jika dipergunakan untuk balet, Anda bisa memilih rok tutu yang sesuai dengan yang disarankan agar penampilan anak menjadi semakin maksimal. Namun, untuk datang ke suatu acara formal misalnya ke pernikahan, Anda bisa mencoba untuk menjahit sendiri rok tutu sederhana.

Menjahit Rok Tutu Sederhana untuk Anak Tercinta 

Sebelum membuat, pilih bahan dasarnya lebih dahulu yaitu kain tulle dengan 2 warna yang berbeda sesuai dengan favorit anak sehingga terlihat lebih menarik. Jangan lupa untuk memesan kain yang punya lebar 127-203.2 cm dengan panjang yang bisa disesuaikan dengan besar anak misalnya Anda menggunakan panjang hingga 1,5 meter atau lebih. Pemilihan lebar dan panjang bisa disesuaikan namun tetap dengan bahan tile yang biasanya digunakan untuk membuat rok tutu.

Setelah rok tutu siap, Anda bisa mengukur pinggang anak Anda dengan menggunakan meteran dan jangan lupa untuk mencatatnya di buku Anda. Setelah itu, gunting bahan yang sudah Anda siapkan dengan cara menggunakan ukuran lingkar pinggang anak untuk tahu berapa panjang yang dibutuhkan. Sebelum menjahit, potong kain tulle tersebut dengan lebar kurang lebih 7,6-15,2 cm atau bisa sesuai dengan selera Anda karena semakin lebar potongan akan bisa menghasilkan bawahan baju anak tersebut semakin penuh. 

Siapkan karet dengan lebar 2-5 cm, lalu posisikan potongan kain tule tersebut di karet yang sudah Anda persiapkan. Lipatkan kain tule sehingga melingkupi karet tersebut kemudian agak kerutkan sebelum dijahit di bagian bawah dari karet elastis dan angan menjahit tepat pada karet elastisnya. Tambahkan potongan tule yang lain, misalnya Anda bisa menyelang-nyeling warna yang akan Anda pergunakan untuk membuat rok tutu tersebut agar tampilannya menjadi lebih unik. 

Sebelum menutup bagian ujung dari karet pinggang rok tutu untuk baju anak yang dapat dipergunakan saat balet ataupun saat menghadiri pesta, jangan menutup penuh rok tutu terlebih dahulu namun satukan lebih dahulu dengan jahitan di bagian ujungnya dengan bentuk jahitan zigzag sehingga jahitan tidak mudah rusak. Setelah itu, sebar potongan kain tule dan jika dirasa masih belum bagus atau terlalu renggang bisa ditambahkan dengan potongan kain lagi. Rok tutu sudah bisa Anda berikan untuk anak Anda. Jika Anda hendak memakaikan rok tutu tersebut ke anak Anda, Anda bisa mengkombinasikannya dengan menggunakan legging anak karena jika digunakan langsung, bisa gesekan kain tule tersebut bisa membuat kulit menjadi gatal mengingat tekstur yang tidak begitu halus layaknya kain katun. Selesai menjahit dengan teknik dan cara sederhana, agar lebih menarik, Anda bisa menambahkan glitter atau pernak pernik yang ditempelkan menggunakan lem kain atau di jahit.

READ  Keuntungan yang Akan Anda Dapat dari Hobi Melukis

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More