Home Tips Menilik Perbedaan Alat Musik Pianika dan Piano

Menilik Perbedaan Alat Musik Pianika dan Piano

by Beverley Kennedy

Alat musik mempunyai banyak sekali jenis yang bisa dipilih dari alat musik tiup, alat musik petik, alat musik pukul, dan juga ada yang menggabungkan beberapa hal tersebut. Salah satu alat musik yang cara mainnya digabung adalah pianika yang akan menghasilkan bunyi yang sama seperti pada alat musik piano. Akan tetapi walaupun begitu, kedua alat musik tersebut mempunyai beberapa perbedaan yang menonjol seperti misalnya perbedaan berikut ini.

  • Ukurannya

Untuk perbedaan pertama yang bisa dilihat dengan jelas dari kedua adalah musik tersebut adalah dari ukurannya. Dimana keduanya mempunyai ukuran yang sangat kontras dengan piano mempunyai ukuran besar. Sedangkan alat yang satunya mempunyai ukuran yang mini dan hanya mempunyai beberapa tuts saja untuk dimainkan. Dengan ukurannya saja seseorang akan dapat membedakan yang mana piano dan alat musik yang satunya. Oleh karena itulah bagi yang akan membeli alat musik ini tentu mudah mengenali alat musik yang dimaksud.

  • Cara memainkannya

Perbedaan kedua dari alat musik tersebut adalah dari cara memainkannya. Untuk piano merupakan alat musik yang dipencet tutsnya kemudian akan mengeluarkan suara dengan nada yang diinginkan. Sedangkan untuk alat musik pianika sendiri mempunyai cara main yang sama tetapi mempunyai perbedaan harus ditiup juga sehingga suaranya dapat keluar. Cara memainkannya tersebut berbeda dimana yang satu harus ditiup terlebih dahulu dengan alat tiup yang ada di alatnya sedangkan yang piano tidak mempunyai hal tersebut.

Baca Juga:Mengulas Cara Bermain Pianika yang Mudah Bagi Para Pemula

  • Teknologi yang digunakan

Perbedaan selanjutnya dari kedua alat musik tersebut adalah dari teknologi yang dipunyai oleh keduanya. Apabila piano mempunyai banyak teknologi canggih yang ada bahkan juga untuk jenis keyboard mempunyai teknologi yang dapat merekam lagu dan kemudian memutarnya, bisa untuk digunakan di panggung yang besar dengan suara yang besar karena bisa dinyalakan dengan bantuan listrik, dan juga banyak teknologi lainnya yang ada pada alat musik tersebut. Sedangkan untuk yang satunya biasanya tidak mempunyai teknologi yang canggih dan hanya mempunyai teknik dasar untuk dapat menyalakan alat musik tersebut.

  • Harga alat musik

Dan perbedaan selanjutnya dari alat musik piano dan juga pianika ini adalah dari harga jualnya di pasaran. Karena mempunyai ukuran yang kecil dan bisa dibawa kemana-mana dan juga terbuat dari bahan plastik atau atom, biasanya harga dari alat musik tersebut tidak terlalu mahal dan bisa didapatkan sekitar harga puluhan hingga ratusan ribu rupiah saja. Berbeda dengan alat musik piano yang mempunyai bahan dari kayu besar terbaik biasanya mempunyai harga puluhan juta hingga ratusan juta rupiah. Tergantung dari jenis piano yang dipilih, merek, dan juga tempat pembelian piano tersebut.

 

See also  Cara Merawat Tanaman Hias Agar Tumbuh Subur

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More