Home Aneka Hobi Menilik 9 Manfaat Bernyanyi Bagi Kesehatan yang Harus Diketahui

Menilik 9 Manfaat Bernyanyi Bagi Kesehatan yang Harus Diketahui

by Beverley Kennedy

Bernyanyi adalah aktifitas yang menyenangkan. Stress dan beban bisa sedikit hilang bila kita bersenandung ria alias menyanyi. Namun aktifitas menyanyi rupanya tak hanya sekedar kegiatan membuang-buang suara saja. Ada beberapa keuntungan yang akan Anda dapat, terutama dalam bidang kesehatan. Berikut yang akan Anda dapatkan bila melakukan aktifitas menyanyi:

  1. Kesehatan jantung Anda akan terpelihara berkat menyanyi. Menyanyi merupakan salah satu aktifitas yang mampu meningkatkan kesehatan paru dan jantung, sebab pasokan oksigen menjadi meningkat ke seluruh aliran darah dalam tubuh. Akibatnya efisiensi sistem cardio pada jantung meningkat.
  2. Karena pasokan oksigen yang lancar ke seluruh tubuh, membuat tingkat kewaspadaan seseorang menjadi meningkat. Hal ini kaitannya dengan kemampuan tubuh untuk merespon sesuatu lebih baik, karena darahnya kaya akan oksigen.
  3. Menyanyi adalah salah satu latihan otot bagi tubuh. Pada saat menarik nafas untuk mengumpulkan suara, otot diafragma secara konstan akan tertarik dan kendur. Hal tersebut sangat baik untuk melatih otot dan juga pernafasan, kaitannya lagi dengan jantung dan paru-paru.
  4. Selain pada fisik, menyanyi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan psikologis dan psikis seseorang. Dengan berteriak ketika bernyanyi, perasaan yang tertahan dan terpendam akan menjadi lega bila dikeluarkan dalam bentuk vokal. Ini merupakan cara yang efektif untuk mengurangi beban dalam tubuh seseorang. Menyanyi adalah kegiatan yang memperbaiki mood, itulah sebabnya bila orang yang bahagia seringkali bersenandung.
  5. Menyanyi membangkitkan semangat dan meningkatkan pelepasan hormon endorphin yang mampu membuat tubuh lebih bahagia.
  6. Menyanyi dapat memperpanjang usia hidup seseorang, sebab menyanyi dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan mental dan fisik manusia.
  7. Rutin menyanyi dapat membersihkan saluran pernafasan dan sinus. Aktifitas menyanyi dapat meningkatkan aliran udara sehingga kemungkinan bakteri untuk berkembang , hasilnya saluran pernafasan akan lebih sehat dan bersih. Menyanyi juga akan meminimalisir resiko mendengkur pada seseorang.
  8. Menyanyi meningkatkan fungsi neurologis syaraf.
  9. Menyanyi meningkatkan sistem imun tubuh. Sebab protein yang ada di dalam tubuh dapat meningkat secara baik selama latihan olah vokal berlangsung.

Baca Juga:Dasar-dasar dalam Melakukan Bernyanyi Agar Menghasilkan Suara yang Bagus

Itulah manfaat dalam bidang kesehatan yang akan Anda dapat bila melakukan aktifitas bernyanyi. Menyanyilah sesering mungkin agar Anda ceria dan selalu dalam mood yang baik. Namun perlu diperhatikan tempat dan waktu ketika menyanyi agar tidak mengganggu orang lain. Bahagia itu perlu, dengan menyanyi hormon yang mengatur jalannya mood akan menjadi baik. Itulah sebab mengapa banyak orang yang ketika sedang tidak dalam keadaan hati yang baik lebih memilih untuk mendengarkan lagu-lagu yang ceria. Hindari mendengarkan lagu sedih ketika dalam keadaan hati yang tidak baik. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca.

 

READ  Kelebihan Fitur yang Ditawarkan Fifa 2017

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More