Home Aneka Hobi Mengulas Tipe dan Jenis Yoyo Pada Zaman Modern Ini

Mengulas Tipe dan Jenis Yoyo Pada Zaman Modern Ini

by Beverley Kennedy

Yoyo adalah sebuah alat permainan yang berbentuk seperti dua cakram yang dihubungkan dengan sebuah sumbu dan di lilit oleh tali. Permainan ini pernah menjadi sangat populer dan diminati dalam beberapa tahun silam bukan hanya di Indonesia, tapi di seluruh dunia. Cara memainkan ini hanyalah memakai pengait ujung tali di jari tengah, dan melemparkannya kebawah, maka mainan itu akan berputar-putar. Biasanya permainan ini dimainkan oleh anak kecil, namun orang dewasa ternyata juga berminat pada mainan juga.

Pada jaman dulu, kita tidak menyadari ternyata permainan ini memiliki beragam jenis pada bentuk cakramnya. Tapi sebenarnya ada 4 jenis bentuk cakram pada yoyo. Jenis tersebut antara lain:

  1. Imperial yaitu cakramnya yang berbentuk menyerupai bola dan di tengahnya diberikan celah. Jenis ini adalah bentuk awal dan original dari mainan ini.
  2. Butterfly yang memiliki celah yang cukup lebar dan bentuk cakramnya berbentuk setengah lingkaran yang saling bertolak belakang.
  3. Modified yang memiliki celah yang sedikit lebar dan berbentuk lempengan lingkaran yang pipih.
  4. Russel dinamakan sesuai dengan nama penemunya dengan desain gabungan dari Modified dan Imperial.

Selain itu, permainan ini juga kerap dibuat dengan bahan yang berbeda-beda, tergantung dari produsen permainan tersebut. Bahan tradisional yang sering digunakan untuk membuat permainan ini antara lain:

  • Terracota atau tanah liat sudah digunakan selama 2500 tahun untuk membuat permainan ini. Dulu, permainan ini digunakan sebagai alat persembahan untuk dewa dan upacara adat untuk anak yang beranjak dewasa.
  • Bambu juga digunakan di Amerika pada tahun 2008 dengan menambahkan cincin pemberat alumunium. Bersifat lentur dan lebih rapat dari kayu.

Adapun bahan yang bersifat lebih modern dan masih banyak digunakan sampai saat ini:

  • Kayu menjadi bahan yang paling banyak digunakan di Amerika sejak tahun 1930an dan sampai sekarang masih digunakan
  • Plastik adalah bahan yang paling banyak digunakan sampai detik ini. Selain bisa menyesuaikan bentuk dengan keinginan kita, kualitas plastik juga terbilang sangat bagus.
  • Logam atau alumunium juga bisa membuat permainan ini karena dapat memberikan kekuatan yang baik serta tidak akan mudah rusak.

Yoyo juga mempunyai 3 jenis jika dilihat menurut tingkat meresponnya. Jenis-jenisnya antara lain sebagai berikut:

  1. Responsive, yaitu ketika dimainkan selalu dapat balik ke tangan pemainnya secara mudah. Dengan jenis ini, pemainnya pun dapat menerapkan beberapa trik seperti looping atau double looping.
  2. Auto Return, jenis ini akan bisa kembali ke tangan pemainnya secara otomatis ketika putarannya sudah mulai melambat. Jenis ini sangat direkomendasikan untuk pemula.
  3. Unresponsive, jenis ini adalah yang paling banyak diminati para penggila trik mainan ini karena jika ditarik, mainan ini tidak akan kembali ke tangan. Jadi dengan jenis ini, pemain dapat menunjukan trik-trik sulit dengan permainan ini yang masih berputar.

 

READ  Mainan Tradisional Anak Indonesia yang Masih Ada Hingga Saat Ini

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More