Home Tips Mengulas Tentang Perbedaan dari bass dan Gitar

Mengulas Tentang Perbedaan dari bass dan Gitar

by Beverley Kennedy

Bass dan gitar memiliki perbedaan yang cukup signifikan, meski keduanya merupakan sama-sama alat musik yang memiliki senar dan sama bentuknya. Namun sesungguhnya, keduanya tak serta merta sama. Alat musik harus selalu terhubung dengan listrik agar bisa hidup dan berbunyi. Penampilan fisiknya mirip dengan gitar listrik, namun ukurannya lebih besar serta leher untuk fretnya lebih panjang. Perbedaan yang paling mencolok antara alat musik ini dengan gitar listrik adalah pada jumlah senarnya, alat musik hanya memiliki 4 senar, sementara gitar listrik dan gitar akustik lainnya memiliki 6 senar. Untuk bobot sendiri, sudah pati alat musik lebih berat bobotnya dibandingkan gitar. Hal ini dikarenakan komponen kayu yang digunakan untuk membuat alat musik haruslah kayu yang padat dan tebal serta memiliki kualitas yang bagus untuk tetap menjaga kerendahan bunyinya. Selain itu, senar yang digunakan juga berbeda dan lebih tebal daripada senar pada gitar.

Alat musik memiliki ukuran fret yang lebih besar yang disesuaikan dengan tebalnya senar. Banyak macam jenis alat musik yang umum digunakan sampai saat ini, yang paling sering digunakan adalah cello alat musik dan contra alat musik. Biasanya keduanya digunakan dalam pertunjukan opera, sementara alat musik listrik biasanya digunakan untuk pertunjukan panggung dari band-band lokal maupun internasional. Ada pula alat musik yang menyerupai gitar listrik, alat musik tersebut tak memiliki fret pada lehernya, namanya adalah alat musik fretless, pada dasarnya cara kerjanya mirip dengan alat musik cello atau contra.

Bass ada yang memiliki lebih dari 4 senar. Pemain alat musik biasanya memilih untuk menggunakan alat musik 5 atau 6 senar, sebab jangkauan yang dapat dilakukan pada alat musik tersebut menjadi lebih luas dan bebas, nada yang dikeluarkan pun menjadi lebih beragam. Musik aliran jazz dan rocklah yang biasanya menggunakan alat musik bersenar 6 atau 5. Namun, tetap yang paling sering dipakai adalah alat musik yang memiliki 4 senar saja.

Baca Juga: Tips Ampuh Supaya Cepat Bisa Bermain Gitar Bass dengan Benar

Selanjutnya mengenai gitar, gitar adalah alat musik yang memiliki rongga udara di dalam badannya. Gitar listrik dan akustik memiliki perbedaan yang signifikan, yakni pada leher gitar akustik yang memiliki bentuk lebih kecil, senarnya yang terbuat dari string dan jumlah fret yang mencapai 15 kolom. Gitar akustik biasanya digunakan untuk mengiringi lagu pop modern. Kelebihan gitar akustik sendiri bila dibandingkan dengan gitar listrik adalah terletak pada suaranya. Suara yang dihasilkan oleh gitar akustik terdengar lebih halus dan alami, hal tersebut merupakan hasil dari resonansi bunyi di dalam rongga udara pada badan gitar.

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai perbedaan bass dan gitar, keduanya tentu berbeda meski memiliki bentuk yang relatif sama. Dari segi harga pun beda, biasanya alat musik memiliki harga yang lebih mahal, namun itu semua kembali lagi, tergantung pada kualitas dan merek.

READ  3 Lokasi Paralayang Yang Harus Dicoba

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More