Home Tips Mengulas Tentang Perbedaan dari Baseball dan Softball

Mengulas Tentang Perbedaan dari Baseball dan Softball

by Beverley Kennedy

Baseball (disebut juga bisbol) dan softball adalah dua jenis olahraga yang berbeda, meski keduanya hampir mirip dan memiliki bentuk bola yang mirip. Yang pertama mari kita mengenal apa itu bisbol. Basebal adalah sebuah permainan atau olahraga yang dimainkan oleh dua tim. Sistem mainnya yakni pelempar dari tim lawan melempar bola bisbol untuk kemudian dipukul oleh pemukul dari tim yang satunya. Kemudian bola tersebut yang terpental berusaha di tangkap oleh tim pelempar, bila tak berhasil tertangkap maka tim pemukul mendapatkan poin setelah sebelumnya berhasil berlari mengelilingi lapangan melawan arah jarum jam untuk kembali pulang ke home plate. Bisbol sering juga disebut dengan hardball untuk membedakan dengan softball.

Softball juga merupakan olahraga yang terdiri dari dua tim. Permainan ini mulanya ada di Amerika Serikat pada tahun 1887. Sistem permainannya hampir sama dengan hardball, pemain yang mendapat angka adalah pemukul yang berhasil memutari lapangan sebanyak tiga seri. Namun bila bola berhasil ditangkap oleh tim pelempar, maka yang mendapat poin atau angka adalah tim pelempar tadi.

Berikut ini adalah perbedaan baseball dan softball yang harus Anda ketahui:

Baca Juga:

  • Dari pemain yang memainkan beda olahraga bisbol hanya dimainkan oleh laki-laki saja. Sementara softball bisa diaminkan baik oleh laki-laki maupun perempuan.
  • Bola yang digunakan memiliki ukuran yang berbeda. Bola olahraga softball memiliki ukuran yang lebih besar daripada bisbol. Bola bisbol hanya sebesar bola tenis lapangan.
  • Cara pelemparan yang berbeda. Bisbol cara melempar bolanya adalah lurus ke depan ke arah pemukul, sementara softball arah pelemparannya adalah dari atas dan melaju ke bawah.
  • Ukuran lapangan bisbol lebih besar daripada softball, meskipun bentuknya hampir sama.
  • Pada area pelempar bola dalam permainan bisbol memiliki gundukan tanah yang disebut sebagai mount. Sedangkan pada permainan softball bentuknya hanya rata saja. namun keduanya sama-sama memiliki home plate.
  • Plate keduanya juga memiliki perbedaan, yakni bila dalam permainan bisbol pelempar boleh menyentuhkan hanya satu kakinya saja di plate, maka softball harus kedua-dua kakinya.
  • Sistem permainan dan perhitungan skor yang berbeda.

Itulah tadi sedikit informasi mengenai perbedaan baseball dan softball yang semoga dapat menambah wawasan Anda. Olahraga bisbol banyak digemari oleh masyarakat Amerika utamanya. Olahraga ini karena hanya boleh dimainkan oleh laki-laki saja, sering disebut sebagai olahraga hardball. Perkakas yang digunakan adalah tongkat atau stik pemukul, bola dan pelindung badan serta muka. Bermain permainan bisbol dapat dilakukan pada lapangan tanah liat atau lapangan rumput. Permainan ini banyak digemari baik anak-anak sampai dewasa. Tak ada batasan umur dalam memainkan permainan ini. Bisbol adalah permainan yang menyenangkan dan diperlombakan pula dalam kejuaraan dunia.

READ  Trik Bisnis Pulsa

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More