Home Aneka Hobi Mengulas Seputar 10 Peraturan Dalam Bermain Base Ball

Mengulas Seputar 10 Peraturan Dalam Bermain Base Ball

by Beverley Kennedy

Olahraga ini adalah jenis olahraga yang dalam permainannya terdapat beberapa tim. Dengan perlawanan antara 2 tim, seperti halnya peraturan cabang olahraga lainnya. Permainan ini mungkin lebih banyak dikenal oleh para kalangan masyarakat menengah keatas. Karena cabang olahraga ini berasal dari luar negeri. Dan juga peralatan dalam permainan ini bisa dibilang mahal. Jadi, tidak heran jika olahraga ini belum semua orang yang meminatinya. Karena base ball memang bukanlah olahraga yang mudah.

Dalam setiap permainan tentu saja terdapat beberapa aturan didalamnya. Agar setiap tim yang sedang main tidak melakukannya dengan sewenang-wenang. Dalam permainan ini pun ada beberapa peraturan Yang harus Anda ketahui. Agar Anda tidak melakukan banyak kesalahan.

Beberapa peraturan Base Ball tersebut adalah sebagai berikut:

  • Area lapangan, dan posisi bagian defense.

Bentuk lapangan dari permainan ini adalah ¼ lingkaran. Tim defense adalah tim tuan rumah.

  • Strikes

Aturan ini sama halnya dengan kasti, yaitu kesempatan 3 pukulan. Kesempatan ini diberikan pada pemukul, yang di umpan kan oleh orang yang menjadi pitcher. Pemukul dinyatakan out apabila dia tidak bisa memukul bola, dan bola berhasil dimasukkan oleh pitcher kedalam strike zone.

  • Base running.

Setiap kali hitter atau pemukul bisa memukul bola menuju wilayah permainan kemudian dia lanjut menjadi pelari atau base running. Pemukul harus sebisa mungkin lari dengan cepat, dan sejauh bola di lempar. Arah berlari adalah menuju base. Sementara base sedang berusaha untuk menangkap bola.

  • Balls.

Adalah aturan dimana saat pitcher melemparkan bola pada pemukul. Pitcher terkadang berusaha mengelabui pemukul agar tidak kena sasaran. Tapi, apabila sudah 4 kali tidak kena sasaran karena dikelabuhi, maka pemukul di perbolehkan lari menuju base.

  • Force out.

Aturan ini adalah dimana apabila hitter mampu menangkap bola dari pemukul, dan bisa tepat sasaran pada penjaga base man pertama. Maka, pemain offense bisa dinyatakan out.

  • Safe

Adalah pada saat hitter berhasil mencapai base pertama, dan infielder base belum sempat menangkap bola. Dan juga, dia boleh diam dan berdiri di dalam base pertama.

  • Steal.

Adalah kesempatan hitter untuk lari dan berpindah pada base selanjutnya tanpa sepengetahuan pemain defense.

  • Tag out.

Adalah kesempatan tim defense untuk melemparkan bola pada hitter yang sedang tidak dalam area base, agar bisa out.

  • Double play.

Adalah saat pemain defense berhasil meng-out kan 2 lawan sekaligus.

  • Strike zone.

Adalah apabila pitcher melemparkan bola pada tidak tepat pada sasaran pemukul, tapi sudah masuk ke area zone strike.

Demikian beberapa aturan dalam permainan base ball yang bisa Anda pelajari agar dapat melakukan permainan dengan baik. Dan tentunya juga tidak mudah dijatuhkan oleh lawan pemain Anda.

READ  8 Game Terbaru Android Yang Terbaik Dijamin Seru

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More