Home Aneka Hobi Mengulas Perbedaan Voli Pantai dan Voli Indoor

Mengulas Perbedaan Voli Pantai dan Voli Indoor

by Beverley Kennedy

Bermain voli pantai dan voli indoor pastilah memiliki perbedaan-perbedaan dalam berbagai hal. Dari tempatnya saja, kita dapat menyimpulkan bahwa adanya perbedaan yang besar. Jika voli indoor biasanya hanya dimainkan di atas lantai dan terlihat jelas garis-garis batasannya, berbeda dengan voli di pantai yang dimainkan diatas pasir. Keduanya memang masing-masing dimainkan oleh 2 tim dan tidak memiliki pemain cadangan. Teknik yang digunakan dan bagian tubuh yang digunakan untuk bermain voli pun juga sama. Tetapi ada perbedaan-perbedaan yang terlihat sangat jelas pada kedua jenis permainan ini. Perbedaan-perbedaan tersebut adalah:

  • Besar Lapangan dan Net

Voli indoor atau voli biasanya berukuran 18×9 meter sedangkan voli pantai hanya memiliki lapangan sebesar 16×8 meter saja. Hal ini membuat permainan di pantai menjadi lebih sulit karena terbatasnya ruang bergerak ditambah dengan adanya pasir yang sedikit sulit untuk seseorang bergerak dengan luwes. Sedangkan panjang net juga disesuaikan dengan besar lapangan. Jika di indoor memerlukan net sepanjang 9.50 meter, maka di pantai hanya memerlukan net sepanjang 8.50 meter. Perbedaan yang cukup besar ini tidak akan mempengaruhi para pemainnya yang sudah profesional. Namun jika masih amatir, maka yang biasanya bermain di indoor akan kesulitan jika bermain di pantai.

 Baca juga tips dan trik memilih baju voli yang pas dan nyaman saat digunakan. Lihat selengkapnya di tokolahraga.com

  • Bola Voli

Bola voli yang digunakan di pantai lebih besar dan sedikit lebih lunak dibandingkan dengan yang biasa digunakan dalam ruangan atau indoor. Bola voli yang dimainkan di pantai biasanya memiliki warna yang lebih terang atau cerah dari bola indoor seperti berwarna pink, orange, kuning, dan lain sebagainya. Biasanya berukuran 66 sampai dengan 68 cm. beratnya juga sekitar 260 sampai dengan 280 gram. Bola voli indoor biasanya terbuat dari kulit atau tiruannya berukuran 65 sampai dengan 67 cm. beratnya sama seperti bola yang digunakan di pantai. Tekanan udara pada bola yang dimainkan di pantai juga lebih rendah dibanding dengan voli indoor.

  • Pemain dan Aturannya

Jika pada voli indoor memiliki 2 orang pemain, maka voli pantai biasanya dimainkan oleh 6 orang pada setiap timnya. Dalam bermain di pantai peraturannya juga sedikit lebih fleksibel. Pemainnya diperbolehkan untuk menyeberang ke tempat lawan melalui bagian bawah net. Servis pun harus dilakukan bergantian diantara pemain tim dengan tim yang lain. Dalam permainan di pantai ini tidak ada yang namanya pergantian pemain karena tidak memiliki pemain cadangan. Poin yang dicari pada set pertama dan kedua adalah 25 poin sedangkan pada set ketiga hanya mencari 15 poin saja. Para pemain di pantai terutama wanita harus memakai two piece bikini atau pakaian tertutup yang ketat atau juga bisa memakai celana pendek dan kaos berlengan.

READ  Inilah Efek Positif dan Negatif dari Seseorang yang Hobi Bermain Mobil Remote

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More