Home Tips Mengulas Cara Bermain Pianika yang Mudah Bagi Para Pemula

Mengulas Cara Bermain Pianika yang Mudah Bagi Para Pemula

by Beverley Kennedy

Bermain musik adalah salah satu hobi ataupun kegiatan yang sangat menyenangkan. Karena musik adalah alat terapi yang sangat efektif untuk merefresh kan pikiran Anda. Saat Anda sedang memainkan musik, dengan sendirinya semua tubuh akan ikut bergerak sesuai irama musik yang sedang dimainkan. Apalagi diikuti dengan kata per kata, bait per bait lagu yang sedang dinyanyikan akan membuat suasana menjadi santai. Apalagi mengenai alat musik pianika yang akhir-akhir ini sudah banyak sekolah yang mempraktekkannya.

Sudah banyak lembaga sekolah yang memasukkan alat musik ini kedalam ekstrakurikuler di sekolah mereka. Karena selain mudah, alat ini juga banyak variannya. Mulai dari yang berukuran kecil, sedang, dan ukuran besar. Hanya bermodal meniupnya, alat musik ini sudah mengeluarkan suara yang sangat indah. Kemudian diikuti jari-jari tangan yang menekannya. Untuk pemula, bisa m

Tehnik tersebut adalah:

  • Letakkan ibu jari pada nomor 1,
  • Letakkan jari kelingking pada nomor 2,
  • Letakkan jari tengah pada nomor 3,
  • Letakkan jari manis pada nomor 4,
  • Letakkan jari kelingking pada nomor 5,
  • Tots putih memiliki fungsi sebagai nada asli atau pokok,
  • Tots hitam memiliki fungsi sebagai nada kronis

Tehnik diatas adalah agar para pemula mudah untuk mengingat posisi jari mereka. Dan berguna untuk melemaskan jari-jari tangan. Selain tehnik tersebut, juga dibutuhkan lebih banyak lagi latihan. Adapun untuk cara memainkan pianika adalah sebagai berikut.

Cara memainkan:

Baca Juga:Inilah Tips Agar Mudah dalam Memainkan Harmonika

  • Gunakan tangan kiri sebagai pemegang alat musik ini. Kemudian tangan kanan sebagai penekan tots. Dan mulut sebagai peniup pipa. Usahakan sebelum meniup pipa, tarik nafas yang sangat dalam agar tahan hingga waktu yang lama saat meniup pipa. Dan juga mengeluarkan udaranya dari sedikit demi sedikit agar nafas tidak cepat habis.
  • Saat menekan tots, lemas kan jari Anda agar bisa nyaman saat memainkan alat musik ini. Dan jangan lupa diingat-ingat akan letak jari-jari tangan Anda yang sudah menjadi bagiannya. Irama alat musik ini tergantung bagaimana Anda saat menekan totsnya. Kalau tangan bisa lemas saat menekan, otomatis iramanya akan sangat lembut dan juga enak didengar oleh semua orang.
  • Terus latihan mengenai cara menarik nafas dan mengeluarkannya. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti tiba-tiba batuk saat sedang melakukan konser. Atau nafas habis secara tiba-tiba saat tempo lagu belum berpindah. Jadi, perbanyak latihan agar tidak terjadi hal seperti itu

Demikian adalah beberapa tehnik dan cara memainkan pianika. Selain mempelajari tehnik dan caranya, Anda juga harus membiasakan diri dengan banyak berlatih. Karena pengetahuan tanpa praktek akan sia-sia. Ketrampilan yang bagus akan membawa hasil yang bagus pula.

READ  Mengenal Industri Kreatif

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More