Home Aneka Hobi Mengubah Uang Kuno Menjadi Hiasan Cantik

Mengubah Uang Kuno Menjadi Hiasan Cantik

by Beverley Kennedy
koleksi uang kuno

koleksi uang kuno

Uang kuno merupakan uang yang terbit beberapa puluh tahun silam. Umumnya untuk menemukan uang jenis ini di pasaran sudah sedikit susah. Jika ingin menemukan uang ini, Anda bisa menemui kolektor uang antik. Disana Anda bisa menjumpai aneka uang klasik Indonesia mulai dari zaman penjajahan Belanda hingga akhir tahun 1900an. Saat ini banyak sekali orang yang mencari uang klasik ini. Selain memiliki nilai sejarah tinggi, uang klasik ini juga memiliki nilai artistik yang tinggi pula. Sebenarnya apa sajakah yang bisa dibuat dari uang klasik ini? Simak informasinya berikut ini.

Beberapa kegunaan uang klasik antara lain sebagai berikut:

  • Hiasan dinding

Karena memiliki nilai artistik yang tinggi tak sedikit orang menjadikan uang klasik ini sebagai hiasan dinding rumah mereka. Biasanya uang ini disusun dengan rapi dan membentuk objek tertentu. Setelah itu barulah rangkaian uang klasik ini dibingkai dan dijual sebagai hiasan dinding.

  • Souvenir

Uang klasik juga bisa dijadikan sebagai souvenir cantik. Biasanya sebelum dijadikan souvenir uang ini dirangkai terlebih dahulu menjadi beberapa bentuk. Misalnya saja menjadi bentuk setangkai bunga. Souvenir ini bisa diberikan untuk orang-orang terdekat Anda.

  • Mahar

Sudah tak menjadi rahasia jika uang klasik ini sekarang dijadikan menjadi mahar. Bahkan banyak selebriti Indonesia yang sudah menggunakannya. Alasan menjadikan uang klasik ini menjadi mahar adalah karena nominalnya yang unik dan tidak bisa ditemukan dalam mata uang saat ini.

Itulah beberapa kegunaan uang klasik ini dalam kehidupan sehari-hari. Jika berminat untuk mendapatkan uang kuno ini Anda bisa menghubungi atau memesan kepada penjual barang antik ataupun kolektor uang. Soal harga sendiri juga bermacam-macam. Ada yang berkisar antara puluhan ribu bahkan ada juga yang mencapai jutaan rupiah. Tentunya dengan harga tersebut sangat sebanding dengan nilai artistik yang diperoleh.

See also  Tips Memandikan Kucing Parsi Tanpa Pengering Rambut

Agar uang klasik yang Anda miliki tidak cepat rusak, Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut:

  • Simpanlah uang klasik dalam tempat yang kering dan tidak lembab.
  • Setelah membeli Anda bisa menjemurnya terlebih dahulu. Penjemuran ini dimaksudkan untuk menghilangkan kelembaban uang yang telah disimpan hingga puluhan tahun.
  • Jangan mencoba untuk melipat uang ini karena bisa menyebabkannya cepat rapuh dan terlihat kusut. Sehingga nilai artistiknya bisa hilang.

Sekarang sudah tahu bukan kegunaan dan cara merawat uang kuno dari puluhan tahun itu? Semoga Anda bisa mengaplikasikan aneka tips diatas pada uang klasik yang Anda dapatkan. Sehingga sampai kapanpun uang klasik yang dimiliki tetap terlihat selalu baik dan penuh akan nilai artistik di dalamnya. Karena nilai artistiknya yang tinggi ini Anda juga bisa menjual uang klasik ini beberapa tahun mendatang saat Anda sudah mulai bosan untuk menyimpannya.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More