Home Aneka Hobi Mengenal Ragam Alat Musik Gesek Modern dan Tradisional

Mengenal Ragam Alat Musik Gesek Modern dan Tradisional

by Beverley Kennedy

Dalam perkembangannya nada-nada indah dihasilkan oleh berbagai macam instrumen atau alat musik, mulai dari gitar, piano, drum hingga beberapa alat musik gesek. Tak jarang diantara anak-anak yang memiliki hobby dalam bermain musik untuk mengisi waktu senggang mereka. Bahkan keahlian tersebut juga bisa dijual dengan menjadi musisi. Belajar musik sebenarnya bukan hal yang sulit untuk dilakukan ketika Anda sudah memiliki sarananya, cukup dengan telaten atau rutin digunakan saja.

Tentukan terlebih dahulu jenis alat musik yang memang digemari, seperti diantaranya adalah alat musik tiup, petik atau mungkin gesek. Khusus untuk Anda yang senang dengan musik-musik klasik dan memang senang datang melihat orkestra pastinya hanya beberapa jenis alat musik saja yang digemari, seperti diantaranya adalah piano dan alat musik gesek. Jenis alat musik yang dimainkan dengan cara menggeseknya sendiri ada cukup banyak, berikut ini beberapa jenis yang harus Anda ketahui, yaitu:

  1. Biola, wujudnya hampir sama dengan sebuah gitar akustik, namun ukurannya jauh lebih kecil dan hanya memiliki beberapa dawai saja, ia dimainkan dengan sebuah sarana penggesek. Umumnya mengeluarkan nada yang indah ketika dimainkan dengan kunci-kunci tertentu, tak jauh berbeda dengan sebuah gitar. Karena ukurannya yang cukup besar maka biasanya dimainkan dengan cara dipeluk.
  2. Double bass, hampir sama dengan biola, hanya saja ukurannya 2 kali lipat lebih besar, sehingga untuk memainkannya biasanya pemain harus duduk, sedangkan alat tersebut diletakkan di bagian depannya. Suara yang dihasilkan oleh alat musik ini nadanya jauh lebih tinggi dan nyaring. Umumnya banyak dijumpai di negara-negara Eropa.
  3. Viola, seperti namanya sebenarnya alat musik yang satu ini masih satu keluarga dengan biola, hanya saja jika dilihat ukurannya memang jauh lebih kecil, nada yang dihasilkan juga lebih berat dengan memetik 4 dawainya menggunakan penggesek viola.
  4. Cello, satu lagi jenis alat musik yang dimainkan dengan cara menggeseknya adalah cello. Namanya mungkin sudah tak begitu asing lagi bagi Anda. Bodynya cukup kokoh namun ukurannya tak sebesar double bass, ia biasa dimainkan dengan cara meggesekkknya dalam posisi duduk, hampir serupa dengan double bass.
  5. Rebab, tak kalah dengan alat musik dari luar negeri, maka Indonesia sendiri juga memiliki alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara menggeseknya yaitu rebab. Umumnya dimainkan ketika ada pertunjukan-pertunjukan tradisional. Ukurannya kecil sehingga sangat ringan.
  6. Tarawangsa, alat musik tradisional ini berasal dari Jawa Barat, dimainkan dengan cara menggesekkan dawai yang terbuat dari 2 kawat baja.

Setidaknya itulah beberapa alat musik gesek yang masih banyak digunakan hingga saat ini. Tak ada salahnya bagi Anda untuk mempelajarinya.

 

READ  ASUPAN UNTUK PERKEMBANGAN BAYI SEHAT

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More