Home Tips Mengenal Perbedaan Futsal Dengan Sepakbola

Mengenal Perbedaan Futsal Dengan Sepakbola

by Beverley Kennedy
Mengenal Perbedaan Futsal Dengan Sepakbola

Anda penggemar sepakbola? Jika iya, pasti tidak akan kesulitan jika harus bermain futsal. Walaupun tentu saja anda perlu untuk beradaptasi. Kedua olahraga ini memang mempunyai prinsip dasar yang sama dalam memainkannya. Meskipun relatif sama, keduanya memiliki perbedaan – perbedaan yang menjadi batas bagi keduanya. Untuk anda yang belum tahu tentang hal tersebut, mari mengenal perbedaan futsal dengan sepakbola.

Mengenal Perbedaan Futsal Dengan Sepakbola

Futsal memang bisa dikatakan adik dari sepakbola karena kesamaan cara bermain secara umum. Ada beberapa hal yang membedakan keduanya. Anda ingin tahu? Ini dia perbedaaanya.

  • Jenis lapangan

Sepakbola dilakukan dilapangan terbuka. Rumput yang digunakan biasanya rumput alami bukan sintetis. Walaupun ada juga yang menggunakan rumput sintetis. Tapi untuk pertandingan resmi biasanya lapangan tidak menggunakan rumput sintetis. Sedangkan untuk futsal sendiri cenderung dilakukan ditempat tertutup atau indoor. Walaupun juga ada futsal yang dilakukan secara outdoor, tapi tetap saja tidak seterbuka lapangan sepakbola.

  • Ukuran lapangan

Sepakbola dilakukan dilapangan terbuka dengan ukuran  panjang 90 – 120 m dan lebar 45 – 90 m. Sedangkan untuk futsal mempunyai ukuran panjang 25 – 42 m dan lebar 15 – 25 m. Jadi memang ukuran lapangan sepakbola jauh lebih besar dari lapangan futsal.

  • Jumlah pemain

Untuk sepakbola jumlah pemain yang memainkannya adalah 11 orang pemain untuk satu timnnya. Sedangkan untuk futsal jumlah pemainnya 5 pemain untuk setiap timnya.  Hal ini belum termasuk jumlah pemain cadangan baik untuk sepakbola maupun futsal.

  • Ukuran gawang

Untuk sepakbola ukuran gawangnya adalah 2,44 m untuk tingginya dan lebarnya 7,32 m. Sedangkan untuk futsal  mempunyai ukuran gawang  2 m untuk tingginya dan 3 m untuk lebarnya. Perbedaan ini wajar karena memang secara ukuran pun lapangan sepakbola jauh lebih besar.

  • Durasi pertandingan

2 x 45 menit adalah durasi untuk bermain sepakbola. Sedang untuk futsal sendiri mempunyai durasi 2 x 20 menit tiap pertandingannya. Hal ini belum termasuk tambahan waktu bila diperlukan tentunya.

  • Bola

Untuk sepakbola bola yang digunakan mempunyai ukuran keliling 68 – 71 cm dengan berat 396 – 453 gram. Bola untuk sepakbola juga mempunyai tekanan 8 – 12 psi dengan pantulan 60cm bila dijatuhkan dari ketinggian. Sedangkan untuk futsal mempunyai ukuran keliling 62 – 64 cm dengan berat 400 – 440 gram. Bola ini mempunyai tekanan 0,4 – 0,6 psi dengan pantulan 55 – 65 cm bila dijatuhkan dari ketinggian 1 m.

Simak juga trik nya supaya kemampuan bermain futsal mu semakin bertambah. Baca selengkapnya di cumahobi.com

  • Beberapa aturan bermain

Beberapa aturan seperti pergantian pemain, perlakuan bola out, masalah kontak fisik, dan lain sebagainya mempunyai perbedaan yang cukup signifikan. Contoh bola out dalam sepakbola dilakukan dengan cara dilempar sedang dalam futsal dengan cara ditendang.

READ  Pangandaran, Tempat Wisata di Ujung Jawa Barat

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More