Home Aneka Hobi Mengenal Paralayang

Mengenal Paralayang

by Beverley Kennedy
Mengenal Paralayang

Bisa terbang seperti layaknya superman memang menyenangkan. Tapi itu cuma cerita komik atau sekedar film saja. Pada dasarnya memang manusia tidak mempunyai kemampuan terbang. Tapi untuk sekedar sedikit merasakan sensasi terbang, bisa anda rasakan melalui paralayang. Walaupun memang tidak sesempurna terbang tanpa alat seperti superman. Tapi lumayanlah. Bagi anda yang hobi olahraga ekstrim, mengenal paralayang dalam arti mencobanya merupakan suatu yang kayaknya harus dilakukan.

Mengenal Paralayang

Paralayang termasuk olah raga yang jarang diminati sebagai hobi yang rutin dilakukan. Ada beberapa hal yang membuat hal itu terjadi, yaitu :

  • Termasuk olahraga yang relatif mahal

Sebagai gambaran untuk sekali paralayang, anda harus mengeluarkan dana tidak sedikit. Minimal 300ribuan harus anda siapkan untuk paket terendah. Belum lagi anda harus menyiapkan dana dari tempat tinggal anda ke lokasinya.

  • Tempatnya terbatas

Kalaupun banyak peminatnya, tempat yang bisa paralayang sangat terbatas sekali jumlahnya. Bisa jadi sangat jauh dari lokasi tempat tinggal anda. Selain memerlukan waktu, juga biaya yang tidak sedikit terntunya. Hal ini menjadikan olah raga atau hobi ini menjadi kurang diminati.

  • Termasuk yang beresiko tinggi

Anda bayangkan, anda terbang tanpa menggunakan mesin dengan hanya mengandalkan angin dan parasut. Ini sangat beresiko sekali. Diperlukan keterampilan khusus untuk melakukannya. Dan itu bisa didapat melalui latihan rutin dan jam terbang. Itulah kenapa untuk yang pemula atau pertama kali, biasanya tandem dulu dengan professional penerbang paralayang atau instrukturnya. Olah raga ini juga membutuhkan nyali yang besar karena termasuk olah raga ekstrim. Untuk yang phobia ketinggian pasti tidak akan sanggup melakukan olah raga ini. Walaupun memang sebenarnya ini bagus untuk terapi bagi yang phobia ketinggian. Karena phobia itu memang harus dilawan. Tapi tetap saja bukan hal yang mudah untuk dilakukan.

Olah raga ini sendiri muncul pertama kali pada sekitar tahun 1950-an. Dan mulai masuk ke tanah air sekitar tahun 1980-an. Induk organisasi ini adalah PLGI atau Persatuan Layang Gantung Indonesia dibawah naungan FASI (Federasi Aero Sport Indonesia). Walaupun tidak sepopuler olah raga lain, olah raga ini bertahan sampai sekarang dengan peminat terus bertambah walaupun tidak signifikan.

Simak juga beberapa manfaat melakukan olahraga paralayang. Baca selengkapnya di cumahobi.com

READ  Tips Mudah Membeli Saxophone Berkualitas dengan Harga Murah

Alam Indonesia yang berbukit – bukit dan bergunung – gunung seharusnya menjadi modal yang cukup untuk berkembangnya olah raga ini. Seharusnya menjadikan tempat atau lokasi paralayang banyak tersebar. Faktanya tidak demikian, lokasi atau tempat olah raga ini terbatas sekali dibanding luasnya wilayah Indonesia. Kurangnya peminat karena faktor – faktor tadi di atas menjadikan orang yang ingin menyediakan lokasi dan fasilitas olah raga ini berfikir ulang, apalagi peralatannya tidak murah.

Tapi, dibalik semua itu tidak ada salahnya anda sekali saya mencobanya.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More