Home Aneka Hobi Mengenal Muay Thai

Mengenal Muay Thai

by Beverley Kennedy
Mengenal Muay Thai

Pernah melihat film action Ong Bak? Film ini sering diputar di TV swasta nasional.  Di film ini terlihat betapa hebatnya Toni Jaa dengan kemampuan bela dirinya. Fighter yang gesit, kuat dan tangguh sehingga mampu mengalahkan lawan – lawannya. Tahukah anda kalau beladiri yang dipakai oleh Toni Jaa itu? Itu adalah seni bela diri dari Thailand. Muay Thai namanya. Nah, kalau sudah disebutkan mungkin sudah banyak yang mengenal Muay Thai, minimal pernah mendengar.

Mengenal Muay Thai

Secara etomologi, Muay Thai sendiri berasal dari bahasa sanskerta “mavya” yang berarti tinju bela diri dan Thai berasal dari “Tai” yang merujuk pada bangsa atau suku Thai.

Cikal bakal  Muay Thai menurut sejarah, seni bertarung ini sudah diketahui keberadaannya pada abad ke -18. Ketika itu terjadi peperangan antara Dinasti Konbaung dari Burma dan bangsa Siam. Dalam perang yang sangat sengit tersebut, Nai Khanomtom, pejuang tekenal dari siam tertangkap. Itu terjadi sekitar tahun 1767. Karena Nai Khanomtom memang sudah terkenal kemampuan bertarungnya,maka dikasih kesempatan memperjuangkan kebebasannya melalui sebuah pertarungan oleh orang Burma. Dan memang akhirnya ia bisa memenangkan pertarungan, sehingga bisa kembali ke Siam. Mampu kembalinya Nai Khanomtom, membuatnya dianggap pahlawan. Gaya bertarungnya inilah yang menjadi cikal bakal dari Muay Thai.

Baca Juga:Mengenal Pencak Silat dan Manfaatnya Bagi Tubuh Anda

Sejarah lain mengatakan bahwa seni bertarung ini sudah ada selama dua ribu tahun. Seni bertarung dengan menggunakan tangan kosong ini diciptakan bangsa Siam ketika sedang berperang. Pada saat itu bangsa Siam kehilangan banyak senjata. Secara tidak langsung bisa dikatakan seni bela diri ini diciptakan untuk mengakali keadaan yang tidak ideal yang dialami bangsa Siam. Pada perkembangannya seni bertarung ini menjadi hiburan bagi raja – raja Siam. Dan perlahan – lahan seni bela diri kerajaan. Bahkan  sampai ada satu pasukan khusus petarung bela diri ini yang bertugas untuk melindungi raja dan kerajaan. Artinya ilmu seni bertarung ini diakui kehebatannya oleh bangsa Siam.

Sebagai seni bertarung yang terbilang keras, Muay Thai dikenal sebagai seni atau ilmu delapan tungkai. Tekniknya banyak menggunakan tendangan, pukulan , siku dan serangan lutut. Seni bertarung ini banyak mengandalkan serangan pada titik tulang kering untuk melumpuhkan lawan. Konsekuensinya para petarungnya harus melatih tulang keringnya agar terlatih atau kuat menghadapi serangan lawan.

Di Indonesia sendiri, seni bela diri ini mulai banyak peminatnya. Selain menyehatkan, olah raga ini juga benar – bisa efektif dipergunakan untuk membeli diri bila misalkan terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. Dan meskipun terbilang keras, banyak sekali kaum hawa yang meminati olah raga ini. Karena ternyata bisa digunakan untuk menurunkan berat badan dan membentuk tubuh.

READ  Fakta Menakjubkan Seputar Dunia Bayi

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More