Home Tips Mengenal Lebih Dekat dengan Alat Musik Tradisional dari Berbagai Negara

Mengenal Lebih Dekat dengan Alat Musik Tradisional dari Berbagai Negara

by Beverley Kennedy
Mengenal Lebih Dekat dengan Alat Musik Tradisional dari Berbagai Negara

Alat musik tradisional merupakan alat musik khas dari suatu wilayah atau negara tertentu. Misalnya saja Indonesia yang mempunyai banyak pulau dan kebudayaan di berbagai daerahnya mempunyai alat musik khas sehingga sangat kaya. Seperti misalnya ada gamelan yang terkenal dari Jawa, Angklung dari Sunda, Sasando, dan masih banyak alat musik lainnya yang dimiliki oleh Indonesia. Selain dari dalam negeri alat musik tersebut juga dimiliki oleh negara lainnya. Misalnya saja beberapa negara yang mempunyai alat musik khas adalah:

 Mengenal Lebih Dekat dengan Alat Musik Tradisional dari Berbagai Negara

  • Shakuhachi

Jenis alat musik khas yang pertama dari negara tirai bambu yaitu dari Jepang atau yang disebut juga negara matahari terbit. Jenis alat musik ini masih banyak bisa ditemui di Jepang dan digunakan oleh para seniman serta penduduk setempat. Shakuhaci juga banyak diminati oleh internasional karena mempunyai bentuk dan cara main yang unik. Dimana alat ini berbahan dari bambu dan pertama kali di bawa oleh bangsa Tiongkok pada abad ke 8. Cara main alat musik Shakuhachi ini sendiri dengan cara ditiup dan mempunyai bentuk seperti suling akan tetapi lebih besar dan juga harganya lebih mahal.

  • Khene

Jenis alat musik tradisional selanjutnya adalah Khene atau yang dibaca kaen dan merupakan alat musik dari negara gajah putih, Thailand. Alat ini juga dimainkan dengan cara ditiup dan juga digunakan oleh masyarakat yang ada di Kamboja dan Laos. Ketika ditiup alat ini akan menghasilkan suara yang indah seperti suara yang keluar dari alat musik biola. Sehingga sangat diminati oleh masyarakat terutama masyarakat luar karena mempunyai keunikan sendiri.

  • Agung A Tamlang

Alat musik selanjutnya datang dari negara Filipina yang mempunyai bentuk mirip dengan kentong yang ada di Indonesia. Alat musik ini juga dibuat dari bambu dan mempunyai motif yang digambar sehingga akan lebih menarik. Cara memainkannya juga seperti kentongan yang dengan mudah ditemui yaitu dengan cara diketuk atau dipukul dengan bambu yang lebih tipis sebagai pemukulnya. Sehingga suara yang dihasilkan juga sudah sangat dikenal dan akrab ditelinga masyarakat Indonesia walaupun apabila di Indonesia kentongan lebih digunakan sebagai alat untuk peringatan dini bukan sebagai alat musik.

  • Ocarina

Alat musik tradisional dari bahan bambu lainnya adalah Ocarina yang berasal dari Argentina. Alat musik ini mempunyai bentuk yang kecil segenggaman tangan dan mempunyai beberapa lubang untuk menghasilkan nada dasar apabila digunakan. Sehingga suara yang dihasilkan pada umumnya tinggi hingga kecil tergantung dari lubang yang ditiup. Ocarina ini biasanya digunakan untuk mengiringi lagu daerah di Argentina dan juga menarik masyarakat atau wisatawan luar karena mempunyai bentuk yang menarik dengan cara penggunaan yang harus berlatih terlebih dahulu.

READ  4 Jenis Alat Musik Tradisional Khas Dari Indonesia Timur

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More