Home Aneka Hobi Mengenal Jenis-Jenis Dan Fungsi Peralatan Panjat Tebing

Mengenal Jenis-Jenis Dan Fungsi Peralatan Panjat Tebing

by Beverley Kennedy

Panjat tebing merupakan salah satu jenis olahraga outdoor yang ekstrim. Oleh sbeab itu diperlukan pengetahuan dan keterampilan memanjat. Selain itu pengetahuan tentang peralatan panjat tebing dan fungsinya perlu diketahui oleh para wall climbing dan rock climbing.

Peralatan yang digunakan untuk memanjat tergolong banyak. Setiap peralatan memiliki fungsi yang penting untuk menjaga keamanan penggunanya. Berikut ini kami akan memberikan informasi beberapa jenis peralatan panjat tebing beserta fungsinya.

Tali Karamel

Tali caramel atau kernmantle Rope merupakan salah satu peralatan wajib. Fungsinya adalah sebagai pengaman jika pemanjat terjatuh sampai menyentuh tanah atau istilahnya freefall. Tali ini dibagi menjadi 3 jenis, yaitu: tali dinamis, statis dan semi statis. Masing-masing memiliki kelenturan dan fungsi berbeda.

Hardness

Harness adalah peralatan panjat untuk penompang tubuh, cara menggunakannya diikat di bagian pinggang yang digunakan sebagai penghubung dengan tali. Berdasarkan bentuknya hardness dibagi 3 yaitu: chest hardness, seat hardness dan full body hardness. Setiap jenis hardness bisa dipilih sesuai dengan kondisi, misalnya pada seat hardness lebih banyak digunakan karena bentuknya tidak mengganggu pergerakan, selain itu jenis hardness ini bisa dibuat dari webbing yang dikombinasikan dengan figure of eight sling.

Sedangkan full body hardness cara menggunakannya dililitkan di seluruh tubuh dan sudah dilengkapi dengan alat disekeliling pinggang, hardness ini lebih sering digunakan di medan yang bersalju.

Carabiner

Carabiner atau cincin kait adalah peralatan yang menghubungkan alat satu dengan yang lainnya. Terbuat dari bahan alumunium alloy sehingga ringan namun memiliki kekuatan yang tinggi. Kekuatannya terletak pada bagian pen. Jadi apabila pen-nya sudah longgar sebaiknya tidak digunakan lagi. Berdasarkan bentuknya, carabiner dibagi menjadi dua jenis yaitu: carabiner snapgate yaitu carabiner yang tidak berkunci dan carabiner screw gate adalah carabiner yang menggunakan kunci pengaman.

Ascender

READ  Fotografi dengan Menggunakan Kamera Mirrorless Murah dan Manfaatnya

Ascender adalah alat yang dapat membantu pemanjat menaiki lintasan tali. Alat ini akan semakin mengunci jika bebas dan akan longgar jika tidak diberi beban. Berdasarkan jenis pegangannya ascender dibagi menjadi dua, yaitu: heandle ascender dan non heandle ascender.

Descender

Descender adalah alat yang digunakan untuk membantu menuruni tali. Fungsi descender adalah menahan laju alat dengan tali agar pemanjat tidak meluncur bebas. Berdasarkan cara kerjanya, descender dibagi menjadi dua yaitu yang otomatis dan manual.

Webbing

Webbing merupakan alat panjat yang bentuknya seperti pita. Terbuat dari bahan nylon, tidak kaku dan lentur. Panjang standar 5 meter dan memiliki fungsi sebagai hardness atau pengikat di tubuh.

Sebenarnya masih banyak peralatan panjat tebing lainnya yang wajib diketahui dan harus ada atau diperlukan untuk memanjat. Semoga artikel ini bermanfaat.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More